Lomba Kicau Burung Pakde Karwo Cup merupakan acara lomba burung kicau berskala nasional,yang rutin setiap tahunnya diselenggarakan oleh Pelestari Burung Indonesia (PBI). Lomba kicau burung Pakde Karwo Cup ini, diadakandalam rangka memperingati hari jadi Jawa Timur ke-72. Perlombaan yang sudah memasuki tahun ke-7 ini bertempatan di lapangan parkir mahasiswaUniversitas Surabaya. Sejak penyelenggaraannya yang ke-2 hingga sekarang, Pakde Karwo Cup ini selalu diselenggarakan di Lapangan Parkir Ubaya,supaya masyarakat disekitarnyabisa ikut meramaikan.

Lomba yang diselenggarakan pada Minggu, 22 Oktober 2017 ini diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia mulai dari Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan daerah sekitar Surabaya. Antusias para peserta terlihat dengan banyaknya rombongan yang ikut meramaikan acara. Burung yang di lombakan berupa burung kacer, kenari, love bird, cucak rowo dan sebagainya. Terdapat 3 kelas untuk perlombaan ini yakni Pakde Karwo Cup, Hari Jadi Jawa Timur dan PBI Surabaya. Para pedagang pakan dan sangkar burung dari daerah Jawa Timur juga turut meramaikan stan – stan pedagang.

“Peran lomba kicau burung juga sebagai ajang untuk melestarikan burung kicau di Indonesia,” tutur Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya mewakilkan Gubernur Jawa Timur yang berhalangaan hadir. Sehingga diharapkan,para peserta lomba agar melestarikan burung – burung di Indonesia melalui penangkaran sehingga mengurangi pemburuan di alam liar. (re7)