Universitas Surabaya(Ubaya)sebagai universitas yang sudah ternama tak hentinya membangun kerjasama. Kali ini kerjasama yang dilakukan tak lagi bertaraf nasional,namun sudah merambah ke tingkat internasional. Universitas Henan dari China menjadi tamu utama dalam agenda rapat kerjasamapada11 September 2017lalu. Universitas Henan sudah melakukan kerjasama dengan Ubaya selama 2 tahundengan Fakultas Psikologi. Khususkedatangan kali ini, Universitas Henan akan memperluas kerjasama denganFakultas Teknobiologi.

Rapat dibuka oleh Drs.ec. Sujoko Efferin M.Com(Hons)., M.A., Ph.D.,yang memberikan sambutan dan ucapan terimakasih,lalu dilanjutkan dengan pemutaran teaservideo tentang Universitas Surabaya. Kemudian disusul yaitu sambutan dari perwakilan Universitas Henan yaitu Mrs.Zhao juga sekaligus memperkenalkan delegasi-delegasi yang ikut hadir bersamanya.

Tak ketinggalan, teaservideo tentang Universitas Henan pun juga ditampilkan. Melalui teaser tersebut, merekamemperkenalkan lebih dalam lagi mengenai fakultas-fakultas, stakeholders, dan program pendidikan yang ada di Universitas Henan. Sertamemperkenalkan lebih dalam lagi mengenai cabang ilmu sains,yang menjadi prospek kerjasama kedepan bagi Ubaya dan Universitas Henan.Mereka akan melakukan kerjasama yaitu terkait tentang agriculture, food science and engineering, holticulture, serta researchtentang beberapa cabang ilmu tersebut.

Diskusi pundiakhiri dengan penandatangan kontrak kerjasama oleh kedua belah pihak, dimana Ubaya diwakili oleh Wakil Rektor 1, Nemuel Daniel Pah, S.T., M.Eng., Ph.D.,serta pemberian souvenirsimbolis dari masing-masing universitas, dilanjutkan denganfoto bersama. Delegasi-delegasi dari Universitas Henan juga diberikan kesempatan untuk rally campusguna mengetahui lebih jelas tentang Ubaya,dengan mengunjungi beberapa lokasi seperti teaching industry, CNC labdan berkeliling ke setiap fakultas. “Harapan kedepannya agar benar-benar terjadi implementasi kerjasama dari Universitas Henan untuk Fakultas Teknobiologi,seperti yang dilakukan dengan Fakultas Psikologi. Contohnyaseperti program student research,” ungkap Adi Prasetyo Tedjakusuma, B.Bus., M.Com., Manajer Kerjasama Kelembagaan Luar Negeri Ubaya. (el)