Yogurt Temulawak Cocok Untuk Anak-anak

suarasurabaya.net - Terinspirasi masih banyaknya anak-anak yang susah makan tetapi enggan minum Temulawak, Ricky Nugraha Gunawan mahasiswa Bioteknologi Pangan fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya kembangkan Yogurt Temulawak.

"Orang tua kerap kerepotan saat anak-anaknya susah makan. Biasanya ketika ditawari minum Temulawak akan menolak. Karena itu, Yogurt Temulawak ini bis amenjadi satu diaqntara alternatif agar anak-aank doyan dan mau mengkonsumsi Temulawak," terang Ricky.

Menggunakan bahan-bahan dasar yang mudha ditemui dipasar, pembuatan Yogurt Temulawak ini membutuhkan Temulawak segar, yang terlebih dahulu dibersihkan lalu dipotong-potong. Temulawak dimasukkan dalam air mendidih, dan rebusan Temulawak dipisahkan dari sisa potongan Temulawak.

"Air rebusan Temulawak berwarna kuning pekat. Campurkan susu skim dan Gula. Kemudian campuran Susu, Gula dan air rebusan Temulawak dipasteurisasi atau disterilkan sekitar 15 menit lalu didinginkan," kata Ricky.

Campuran susu Temulawak yang dalam prose pendinginan dicampur dengan starter yaitu bakteri Lactobacillus acidophilus dan Streptococcus thermophilus yang sudah dicampurkan ke dalam susu.

"Terakhir adalah proses inkubasi campuran susu dan Temulawak selama sekitar 20 jam dengan menggunakan suhu 37 derajat celcius. Selesai dan itu sudah siap dikonsumsi dalam bentuk Yogurt Temulawak," tukas Ricky.

Saat melakukan uji coba Yogurt Temulawak, lanjut Ricky, dirinya melakukan percobaan mengkonsumsi temuan ini kepada sekurangnya 30 orang. "Dan ternyata mereka suka, termasuk warnanya yang tidak kuning pekat tetapi justru agar hijau segar," ujar Ricky.

Sementara itu ditambahkan Dr.Dra. Tjandra Pantjajani, M.S., dosen pembimbing penelitian yang dilakukan Ricky Nugraha Gunawan bahwa Yogurt Temulawak ini memiliki beberapa manfaat yang dibutuhkan tubuh manusia.

"Yogurt Temulawak ini memiliki manfaat ekstra bagi tubuh manusia. Yogurt Temulawak dapat menambah nafsu makan, mengatasi gangguan hati dan pencernaan jika dikonsumsi secara rutin. Yogurt juga menambah bakteri baik dalam usus," pungkas Tjandra Pantjajani.(tok/rst)

Editor: Restu Indah
SuaraSurabaya.Net
 
 
Mahasiswa Ubaya Buat Yoghurt dari Temulawak
 
Surabaya (Antara Jatim) - Mahasiswa Bioteknologi Pangan Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya) Ricky Nugraha Gunawan membuat yogurt dari bahan dasar temulawak yang berkhasiat untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak-anak.

Ditemui di kampus setempat, Rabu, Ricky mengatakan alasan memilih temulawak sebagai bahan membuat yoghurt adalah karena merupakan temulawak tumbuhan obat Indonesia yang kaya akan manfaat. Dia mengklaim olahan yogurt temulawak ini merupakan yang pertama di Surabaya.

"Pada umumnya, anak-anak mengalami susah makan, sehingga orang tua bisa memilih alternatif yogurt temulawak bagi anak-anaknya. Karena rasanya enak dan manfaat dari temulawak tetap ada. Selain itu dengan warna dan rasa yang menarik, yogurt temulawak ini bisa diminati oleh anak-anak," kata Ricky.

Ricky menjelaskan, proses pembuatan yogurt temulawak cukup mudah. Pertama temulawak yang sudah dicuci bersih dan dikupas kemudian dipotong-potong. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan temulawak yang sudah dipotong-potong kedalamnya, perbandingan temulawak dan air adalah tujuh banding 10.

"Rebus selama lima sampai 10 menit hingga air rebusan temulawak menjadi warna kuning pekat, air temulawak dipisahkan dengan potongan temulawaknya. Air temulawak kemudian dicampur dengan susu skim sebanyak 20 persen dan gula sebanyak lima persen," ujarnya.
 
Berikutnya susu temulawak dipasteurisasi atau disterilisasi selama 15 menit pada suhu 80 derajat celcius. Selanjutnya susu temulawak didinginkan kemudian dicampurkan dengan starter yaitu bakteri Lactobacillus acidophilus dan Streptococcus thermophilus yang sudah dicampurkan ke dalam susu. Langkah terakhir adalah diinkubasi selama 20 jam pada suhu 37 derajat celcius.

Dosen pembimbing Rickym, Dr Dra Tjandra Pantjajani mengatakan yoghurt temulawak buatan Ricky mempunyai banyak manfaat selain menambah nafsu makan.

"Inovasi yogurt temulawak ini memiliki manfaat ekstra, karena khasiat temulawak seperti menambah nafsu makan, mengatasi gangguan hati dan pencernaan jika dikonsumsi secara rutin ditambah dengan manfaat yogurt yaitu menambah bakteri baik dalam usus," kata dia.(*)

Editor: Slamet Hadi Purnomo

AntaraJatim.Com