Munculnya youtuber di Indonesia membuat banyak kalangan muda tertarik menggeluti dunia videografi. Sayangnya, pemahaman beberapa orang terkadang kurang memadai. Alhasil, kreasi video bisa saja terlihat tidak layak tonton. Berawal dari keprihatinan ini, Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Curio Ubaya mengadakan talkshow khusus videografi. Mengusung pembicara yang handal, acara ini sukses menarik minat kawula muda.

Berlangsung Jumat, 26 Mei 2017 bertempat di Gedung PF Lt. 6, Ubaya Tenggilis, talkshow perdana bertajuk videografi ini mengundang Reza Sadha "Last Day Production" dan Andry dari Cameo Project. Ditambah dengan suguhan komedi live oleh Aji Randa. Menurut Favian Pratama selaku Ketua Panitia, "Fokus kita lebih kearah videografi bukan cinema yang teater. Dan lebih fokus untuk membuat video yang di-share melalui youtube". Baginya, Reza dan Andry dinilai profesional dalam menciptakan video kreatif dan unik di youtube. "Media online yang lagi hits kan Youtube. Jadi kita undang pembicara yang sudah ahli dalam pembuatan video, seperti Reza dan Andry," tambahnya.

Dr. Deddy Marciano, M.M. Selaku Wakil Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Ubaya hadir dan memberikan sambutan dalam pembukaannya. Tak ketinggalan, Favian ikut menyambut hangat para peserta yang hadir. Favian berharap, "Semoga peserta yang hadir mampu menciptakan karya cinema yang bagus dan layak jual. Dari hasil karyanya, mereka berkesempatan untuk dapat feedback menguntungkan. Entah mendapat sponsor maupun diminta mempromosikan suatu produk".

Sekitar 70 anak muda berkumpul dan menikmati keseruan acara. Tak hanya dari mahasiswa Ubaya, adapula anak Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mahasiswa non Ubaya. "Acara ini memang terbuka untuk umum dan sebagian besar memang didominasi oleh mahasiswa Ubaya," tutur Favian, mahasiswa FBE 2014.

Baik Reza maupun Andry, keduanya membagikan pengalaman selama membuat video, gambaran umum, kendala hingga permasalahan yang sering muncul saat create video. Tak heran jika banyak peserta memanfaatkan sesi tanya jawab secara maksimal. "Sempat menyinggung monetize youtube juga. Lainnya, membahas tentang pendapatan mereka yang diperoleh dari sponsor," sahut Favian. Kegiatan ini ditutup dengan Stand Up Comedy oleh Aji Randa. Dengan topik khas perkuliahan, tak heran jika gelak tawa para peserta pecah hingga akhir acara. (slr)