suarasurabaya.net - Buka peluang usaha baru, Cosmetology Study Group gelar pelatihan membuat Pomade rambut dan Hand Soap di kampus Universitas Surabaya (Ubaya).

Cosmetology Study Group, Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) yang mempelajari tentang kosmetik, Sabtu (20/5/2017) gelar pelatihan pembuatan Pomade.

Kelompok Cosmetology Study Group ini rutin menggelar pelatihan, dan kali ini pelatihan memilih tema: Clean Your Hand, Make Your Style di laboratorium Formulasi Dasar, Fakultas Farmasi Ubaya.

Pomade rambut, saat ini sangat digemari dikalangan anak muda. Ini kemudian menjadi satu diantara letar belakang digealrnya pelatihan yang dilaksanakan dalam 3 sesi dalam 1 hari ini dihadiri para mahasiswa dari berbagai jurusan.

Dra. Nani Parfati M.S, Apt., dosen farmasetika menjadi satu diantara nara sumber yang mengupas habis bagaimana cara membuat Pomade.

Pada kesempatan ini, peserta tidak hanya dilatih membuat Pomade namun sekaligus membuat sabun cuci tangan (hand soap). Masing-masing peserta mendapatkan bahan-bahan, resep dan juga peralatan untuk praktik membuat pomade dan hand soap.

Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan dasar pembuatan kosmetik yang bisa dibeli di supplier kosmetik. Proses pembuatannya terbilang cukup mudah, produk yang dihasilkan juga bisa langsung digunakan.

Sepintas cara membuat Pomade dengan cara mengembangkan HPMC (zat pengental) dengan air panas, kemudian PVP K 90 (zat pengental) dilarutkan dengan aqua demineralisata dalam cawan porselin dipanaskan pada suhu 80 derajat Celcius selama 5 menit.

Setelah itu Ceteareth 25, PEG 40 hydrogenated castor oil, propilenglikol, gliserin dicampurkan kedalam porselin pada suhu 80 derajat Celcius selama 5 menit sambil diaduk. Kemudian semua bahan yang sudah dilarutkan tadi dicampur menjadi satu.

Selanjutnya ekstrak aloe vera (liquid) dan Na metabisulfit dilarutkan dengan aquadem dalam beaker glass. Kemudian larutan pertama dicampur dengan larutan kedua pada suhu � 40 derajad Celcius dan diaduk hingga terbentuk massa gel (berwarna bening).

Selanjutnya masukkan castor oil ke dalam campuran basis-aloe vera sedikit demi sedikit dan diaduk hingga homogen. Terakhir tambahkan fragrance (ocean fresh) 2 tetes dan diaduk hingga homogen.

Selain bertujuan untuk memberi informasi dan pengetahuan tentang bahan-bahan yang digunakan dan cara pembuatan Pomade dan hand soap, peserta pelatihan bisa mendapatkan bekal dan memulai usahanya sendiri dengan memproduksi Pomade dan hand soap.

"Melalui pelatihan ini, peserta bisa mengetahui cara pembuatan Pomade dan hand soap serta bisa menjadi peluang usaha karena bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapat," terang Endang Wahyu Fitriani, S.Farm., Apt., M.Farm., dosen pembimbing Cosmetology Study Group, Sabtu (20/5/2017).(tok)