Fakultas Farmasi Universitas Surabaya terlibat dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh PERKOSMI (Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia). Perhelatan pameran kosmetika yang bertajuk “Indonesia Cosmetic Ingredients Surabaya” pada 3-4 Mei 2017 lalu, bertempat di Convention Hall Grand City Mall Surabaya.

“Fakultas Farmasi Ubaya merupakan anggota PERKOSMI, sehingga kami berkesempatan untuk diundang menjadi exhibitor di ICI”, terang Lidya Karina S.Farm., M.Farm., Apt. Dalam pameran yang dibuka untuk umum ini, Farmasi Ubaya memperkenalkan C-DEA, yang merupakan singkatan dari Center for Drug Evaluation and Analysis. Lidya memaparkan pula pada kesempatan ini memperkenalkan C-DEA khususnya bagi industri kosmetika.

C-DEA Ubaya berperan melakukan analisis mikrobiologi dan logam berat khususnya pada produk dan bahan baku kosmetik. C-DEA juga telah mendapatkan akreditasi dari KAN”. Selain C-DEA, Farmasi Ubaya juga diperkenalkan instrument/alat yang baru, yakni ICP-AES (Inductively Coupled Plasma Atomic Emission Spectroscopy) yang berperan khususnya dalam analisis logam berat.

Dalam Indonesia Cosmetic Ingredients Surabaya, Fakultas Farmasi Ubaya mengenalkan Magister Farmasi Industri yang beberapa mata kuliah menunjang dan membekali mahasiswa di bidang kosmetika lebih lanjut. Lidya menambahkan mahasiswa Farmasi Ubaya dapat menjadikan kegiatan ini media belajar kepada para praktisi industri kosmetika yang menjadi pembicara pada seminar yang diselenggarakan selama ICI berlangsung. (liv)