Pada hari Selasa, tanggal 21 Maret 2017 yang lalu, PSPA Ubaya menggelar Upacara Pengucapan Lafal Sumpah Apoteker Angkatan 51 di Hotel JW Marriott Surabaya. Sejumlah119 ApotekerBaru dengan didampingi para rohaniawan, mengikrarkansumpahnyasebagai tenaga kesehatan yang dipandu Anggota KFN (Komite Farmasi Nasional), Dr. Umy Athijah, M.S., Apt.,dan sebagai saksi adalah Ketua Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Dekan Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Dr. Christina Avanti, M.Si., Apt.).

Acara ini selain dihadiri oleh orang tua apoteker baru, juga dihadiriWakil Rektor II Universitas Surabaya(Dr. Yie Ke Feliana, S.E., M.Com., Ak., CFP., CP., CA.), Ketua Pengurus Pusat IAI (Drs. Nurul Falah Eddy Pariang, Apt.), Ketua Pengurus Daerah IAI Jawa Timur (Dr. Abdul Rahem, M.Kes., Apt.) dan Ketua Pengurus Cabang IAI Surabaya(Dra. Liza Pristianty, M.Si., M.M., Apt.), perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan,serta undangan dari Apotek, Rumah Sakit dan Industri Farmasi tempat apoteker melaksanan Praktek Kerja Profesi (PKP).

Suatu kebanggaan bagi Pengelola Program Studi Profesi Apoteker (PSPA), pada hari itu juga para apoteker baru langsung menerimaIjazah Apoteker dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) dari Dekan Fakultas Farmasi Universitas Surabaya, Serifikat Kompetensi dari Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), dan Surat Tanda Registrasi Apoteker(STRA)dari Komite Farmasi Nasional (KFN).

Setelah menerima surat-surat berharga tersebut, Ketua Program Studi Profesi Apoteker, Alasen Sembiring Milala, S,Si., M.Si., Apt., mengumumkan sejumlah 26 apoteker baru yang memperoleh predikat kelulusan cum laude. Lulusan terbaik diraih oleh Emilia Sidharta, S.Farm., Apt., dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,862. Yang lebih membanggakan lagi, khususnya bagi keluarga besarnya, pada kesempatan ini Emilia menerima Dexa Award yang diserahkan secara langsung oleh Mateus Ramidi, S.E., dari Perwakilan Dexa Group Jakarta.

Selanjutnya para apoteker baru mendapat wejangan, mulai dari Anggota Komite Farmasi Nasional, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, dan Wakil Rektor 2 Ubaya. Yang sangat berkesan, pada akhir acara,para apoteker baru yang mempersembahkan sebuah lagu khusus untuk para orang tuamereka, hingga Dr. Umi Athijah, M.Si., Apt, yang juga Dekan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga menitikkan air mata. Walaupun orang tua apoteker baru begitu terharu, namun raut wajah bahagia terpancar di seluruh ruangan Ballroom B dan C Hotel JW Marriot. Kami sampaikan kepada para Apoteker Baru, selamat mengabdikan ilmu kefarmasian sebagai bagian dari Tenaga Kesehatan Indonesia.

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/1955/PSPA-UBAYA-MENGGELAR-UPACARA--PENGUCAPAN-LAFAL-SUMPAH-APOTEKER-ANGKATAN-51--DI-HOTEL-JW-MARRIOT-SURABAYA.html