MINDCRAFT : LETS CRAFT OUR MIND!”

Sesuai namanya “Asah Budi Ajar Nurani” (ADINURANI) merupakan suatu kegiatan wajib yang diadakan secara khusus oleh Pasca Sarjana Universitas Surabaya dalam rangka untuk pemberian pembekalan nilai- nilai sosial bagi mahasiswa baru Pascasarjana, membangun fondasi yang kuat pada kesatuan hati para peserta dan angkatan, serta memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai perkuliahan yang akan mereka jalani kelak. Kegiatan Adinurani untuk mahasiswa baru kembali diadakan pada bulan Januari dan Februari 2017 dibawah naungan Leadership Club 8thgeneration.

Tema Adinurani kali ini adalah “Mindcraft” (diambil dari kata minecraft) yang merupakan gambaran sebuah proses pembentukan pola pikir dengan titik berat pada kreatifitas. Kreatifitas sangat dibutuhkan dalam pembelajaran mahasiswa, terutama dalam proses perkuliahan. Proses perkuliahan sangat membutuhkan kreatifitas, baik didalam presentasi maupun dalam pengerjaan tugas.

Adinurani sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2017. Sesi pertama tersebut meliputi pengenalan kampus beserta fasilitas, pengenalan jurusan yang disampaikan oleh Dr. Putu Anom Mahadwartha, S.E., M.M. selaku KPS Magister Manajemen dan Dr. Bonnie Soeherman, S.E., M.Ak.selaku KPS Magister Akuntansi dan FAPUS Ubaya. Sesi pertama mengenalkan cara mengakses jurnal internasional yang akan dibutuhkan dalam pembuatan tugas maupun tesis. Sesi ini juga menjelaskan bagaimana cara membangun suatu networking yang kuat. Sesi membangunan networkingtersebut disampaikan oleh Teddy Rainier Sondakh selaku ketua Forum Alumni Pascasarjana Universitas Surabaya.

Selanjutnya, Adinurani sesi kedua dilaksnanakan tanggal 11-12 Februari 2017 di Ubaya Training Center, Trawas. Sesi kedua memiliki beberapa agenda acara seperti penekanan nilai KWI (knowledge, wisdomdan Integrity), creative thinking, interpersonal skill, communication skillserta time management, kegiatan outbond, talent showdansharingantar peserta dan panitia. Beberapa peserta mengatakan acara seminar dinilai sangat bermanfaat dan menarik. Topik yang diangkat dalam seminar sangat relevan dan memenuhi apa yang mereka sedang butuhkan. Hasil survei dari beberapa peserta menyatakan bahwa kegiatan outbondmerupakan kegiatan paling berkesan dan menarik.

Acara outbond dalam sesi dua dirancang dengan penekanan nilai teamworkmaupun berpikir kreatif. Peserta terlihat sangat aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan outbond. Suasana yang sama juga dialami oleh peserta dalam kegiatan talent show. Aksi dan balutan bauran komedi dalam acara yang ditampilkan membuat kegiatan Adinurani kali ini semakin meriah. “Awalnya saya merasa terbebani dikarenakan oleh kesibukan dari anggota tim yang beragam, tetapi setelah dijalani, saya sangat enjoydan mengakui bahwa kreatifitas teman-teman dapat terlihat dalam kegiatan talent showini.” ujar Frederik, mahasiswa Magister Manajemen angkatan 52. Pembagian hadiah kepada beberapa peserta dan tim dilakukan pada akhir acara. Pembagian hadiah tersebut sebagai bentuk apresiasi pada peserta yang dinilai paling aktif dalam mengikuti serangkaian kegiatan adinurani.

Adinurani “Mindcraft diharapkan dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi peserta. Leadership Club 8thgenerationmengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah berpartisipasi dan berbagai pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan Adinurani kali ini. Lets Craft Our Mind!