Prestasi Ubaya di bidang akuntansi sudah tidak diragukan lagi, kali ini Ubaya kembali meraih kemenangan dalam Sampoerna Accounting Challenge. Sebagai perwakilan dari Ubaya, Tiffany Saviera Adam, Lucia Jessica Diputri dan Cliff Oliver Winoto berhasil meraih juara 1 dengan mengalahkan 32 tim lainnya yang berasal dari 17 Universitas besar di Indonesia. Kompetisi ini diadakan oleh PT. HM Sampoerna Tbk pada tanggal 7-8 Februari 2017 di Sampoerna Head Office, Surabaya.

Ketiga mahasiswa jurusan Professional accounting Fakultas Bisnis dan Ekonomika ini berjuang menghadapi serangkaian babak dimulai dari penyisihan, Quarter Final, Semi Final dan Final. Pada babak Penyisihan terbagi atas 3 sesi, sesi pertama, peserta mengerjakan 50 soal pilihan berganda secara individu dalam waktu 45 menit. Sesi dua, peserta mengerjakan 50 soal essay singkat secara berkelompok dalam waktu 45 menit. Pada sesi tiga, peserta mengerjakan 10 soal essay komprehensif dalam waktu 60 menit secara berkelompok.

Pada babak Quarter Final, sebanyak 17 tim dengan nilai tertinggi mengerjakan 90 soal essay singkat, yang terbagi menjadi 3 paket yaitu 30 soal Financial Accounting, 30 soal Managerial Accountingdan 30 soal Sistem, Audit, Perpajakan dan Sektor Publik. Tim harus membagi anggotanya untuk mengerjakan masing-masing 1 paket soal selama 45 menit. Berikutnya 9 tim terbaik akan melanjutkan ke babak Semi Final, pada babak ini, akan dibagi menjadi 3 pool yang tiap pool ditentukan. Pemenang di setiap pool akan menjadi 3 finalis. Kali ini, tim akan beradu cerdas cermat dengan 20 soal bertingkat nilai.

Memasuki babak final, tim akan mendapatkan 1 kasus komprehensif yang sama, kemudian mempresentasikannya selama 10 menit dan dilanjutkan tanya jawab. Selain mendapatkan piala dan sertifikat, ketiga mahasiswa semester 6 ini mendapatkan hadiah yang sangat menarik yaitu 3 Laptop, kesempatan magang di PT. HM Sampoerna Tbk dan juga kesempatan untuk keliling kota dengan menggunakan helikopter. Bersama dengan Dr. Dedhy Sulistiawan, S.E., M.Sc., Ak., CA. dan Finance DirectorPT. HM Sampoerna, ketiganya berkeliling kota dengan helikopter selama kurang lebih 40 menit.

“Hadiah yang kami dapat kali ini berbeda, kami diberi kesempatan naik helikopter, seru sekali karena ini merupakan pengalaman pertama kami dan tak terlupakan,” ungkap Lucia Jessica Diputri.

Sebenarnya Ubaya mengirimkan 2 tim dalam kompetisi ini, tim lainnya yang terdiri dari Yessica, Gresyelda Lavinia Widjaja dan Inglan Sari Budianto yang merupakan mahasiswa jurusan Akuntansi angkatan 2013. Ketiganya meraih juara 2 dalam kompetisi ini dan mendapatkan piala, sertifikat, 3 buah tablet dan kesempatan magang di PT. HM Sampoerna Tbk.

“Ini sangat membanggakan karena dapat menunjukkan kualitas jurusan Akuntansi Ubaya pada tingkat nasional,” ungkap Dr. Dedhy Sulistiawan, S.E., M.Sc., Ak., CA., Ketua Jurusan Akuntansi Ubaya.

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/1928/Naik-Helikopter-Karena-Juara-1.html