Ubaya kembali menorehkan prestasi, kali ini mahasiswa Fakultas Hukum meraih juara 2 dalam Intention. Intention adalah kompetisi negosiasi hukum internasional yang diadakan oleh Universitas Airlangga Surabaya pada tanggal 9-10 Desember 2016 dan diikuti oleh mahasiswa fakultas hukum dari berbagai Universitas di Indonesia. Melinda Putri Kumala dan Natasha Zevanya Christine mewakili Ubaya dalam kompetisi ini.

Babak pertama, diawali dengan babak penyisihan dimana masing-masing tim harus membuat tulisan yang menjadi dasar negosiasi dengan tim lainnya. 4 tim dengan hasil negosiasi terbaik dapat melanjutkan ke babak semifinal dimana tim-tim tersebut saling beradu ketangkasan dalam negosiasi berbahasa inggris, namun untuk kasus yang lebih kompleks.

Selanjutnya, 2 tim terbaik, yaitu Tim Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan Tim Ubaya berhak melanjutkan ke babak final untuk bernegosiasi mengenai kasus multinasional dari segi aturan-aturan hukum internasional. Negosiasi sendiri dilakukan secara berhadapan layaknya debat, hanya dengan lebih lunak dan saling mendengarkan pendapat. Yang menjadi dasar penilaian adalah bagaimana cara tim memandang suatu kasus berdasarkan aturan hukum internasional yang berlaku, dan sikap yang saling menghargai pendapat antar tim demi menemukan suatu konklusi yang baik.  

Tim Ubaya mendapatkan piala berbentuk Dewi Justitia sebagai lambang keadilan, medali, dan uang sejumlah Rp 3.000.000,-. “We are so excited can be the runner-up in this competition. Special thanks to our lecture, Dr. Wisnu Aryo Dewanto, S.H., LL.M., LL.M. and our senior, Michael Huang as the Chairman of KSM Hukum Internasional. Without them, we can’t be like this”, terang Melinda dalam Bahasa Inggris. Dr.Wisnu Aryo Dewanto, S.H., LL.M., LL.M., selaku dosen pembimbing juga mengungkapkan kegembiraannya, “Tetap semangat dalam prestasi. Jangan jemu-jemu untuk terus mengikuti lomba-lomba selanjutnya.”