Jurusan Teknik Industri Ubaya meraihjuara 3 dalam Kompetisi Rekayasa Kualitas Nasional IVdi Jakarta. Kompetisi yang diadakan oleh Universitas Trisakti pada tanggal 26-28 Oktober 2016, diikuti oleh ratusan mahasiswa Teknik Industri di Indonesia.Ubaya mengirimkan tim terbaiknya yang beranggotakan Yongky Lio, Florencia Tandian, dan Enrico Fernando angkatan 2013.

Rangkaian lomba diawali babak penyisihan sebanyak 37 tim yang berpartisipasi harus mengerjakan 80 soal pilihan ganda dan 40 soal softwarestatistik atau yang dikenal dengan minitab.Antara lainUniversitas Trisakti Jakarta, Universitas Widya Mandala Surabaya, Univeritas Indonesia Jakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Sebelas Maret Solo, InstitutSepuluh Nopember Surabaya, dan masih banyak lagi. Hanya 25 tim terbaik yang dapat melanjutkan ke babak semifinal. Di babak ini, masing-masing kloter terdiri dari 5 tim harus beradu ketangkasan dan kecepatan menjawab 80 soal dalam bentuk cerdas cermat. Hasilnya, tim Ubaya kembali lolos dan berhak berkompetisi kembali di babak final.

Final menjadi ajang pembuktian bagi 5tim terbaik, masing-masing tim harus menunjukkan kemampuan logika dan praktik merekadalam studi kasus. “Kami mendapat kasus sebuah pabrik yang barangnya rusak, kemudianapa yang harus dilakukan. Parameter mana yang harus kami perbaiki supaya suhu maupun udara dan kualitas barang menjadi baik, dan lain sebagainya”, jelas Yongky, selaku ketua tim.

Dalam Kompetisi Rekayasa Kualitas Nasional IV ini, Tim Ubaya berhasil menjadi juara 3 dengan bobot nilai 3,2 dan mendapatkan plakat penghargaansertauang sejumlah Rp 5.000.000,-.“Semoga lomba ini menjadi sarana utk memperkenalkan TI Ubaya beserta keunggulannya di tingkat nasional, sekaligus menjadi pemacu bagi mhs TI Ubaya bhw kita mampu bersaing bahkan unggul diantara PTN dan PTS”, ungkap Mochammad Arbi Hadiyat, S.Si., M.Si selaku pembimbing Yongky dkk sekaligus sebagai Kalab. Quality Performance and Management Jur.TI