Keberhasilan menuntaskan proses pendidikan diakhiri dengan prosesi wisuda. Namun untuk program studi profesi apoteker (PSPA) di Indonesia, familiar dengan istilah pengucapan sumpah apoteker. Oleh karena itu, pada hari Selasa 4 Oktober 2016 yang lalu dilaksanakan Pengucapan Sumpah Apoteker bagi lulusan Angkatan 50 yang bertempat di Hotel JW Marriot Surabaya. Upacara tersebut diikuti oleh 96 lulusan dan disaksikan tamu undangan dan keluarga para apoteker baru.
    
Upacara pengucapan sumpah/janji apoteker ini dibuka oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Surabaya, Dr.Christina Avanti, M.Si., Apt. Selanjutnya keputusan tentang kelulusan para apoteker baru disampaikan Alasen Sembiring Milala, S.Si., M.Si., Apt dengan membacakan SK. Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan lafal sumpah apoteker yang dipimpin oleh Anggota Komite Farmasi Nasional, Drs. Bambang Triwara, Sp.FRS., Apt dan didampingi para rohaniwan.


    
Setelah selesai pengucapan sumpah/janji apoteker, satu per satu apoteker maju untuk menanda tangani surat sumpah di depan Anggota KFN, dan disaksikan Dekan Fakultas Farmasi Ubaya dan Wakil Ketua Ikatan Apoteker Indonesia, Drs. Saleh Rustandi, M.M., Apt. Yang menjadi ciri khas yang istimewa dalam sumpah apoteker ini (berbeda dengan tenaga kesehatan lainnya), para apoteker baru langsung menerima Ijazah Apoteker dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) dari Dekan, Sertifikat Kompetensi dari Ikatan Apoteker Indonesia dan Surat Sumpah & Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) dari Komite Farmasi Indonesia.
    
Pada kesempatan ini juga diumumkan tiga apoteker yang memperoleh predikat cum laude. Setelah membacakan SK Rektor, Ketua Program Studi Apoteker menyerahkan sertifikat kepada Kristina Eni Trisnowati, Puspita Arum Wijayanti dan Vanny Lestari. Tidak ketinggalan, Dexa Group memberikan Dexa Award kepada lulusan terbaik yaitu Vanny Lestari, yang memperoleh IPK tertinggi yaitu 3,597.


    
Sebelum ditutup, Dekan menyerahkan daftar nama lulusan kepada Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia, Dr. Abdul Rahem, M.Kes., Apt. Pada kesempatan ini juga Perwakilan Apoteker Baru, Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, Komite Farmasi Indonesia dan Rektor Ubaya (Prof. Ir. Joniarto Parung, MMBAT., Ph.D) menyampaikan sambutan. Setelah mendengarkan dua buah lagu yang mengalun merdu dari para apoteker baru (lagu Ayah Ebiet G. Ade dan lagu Ibu Iwan Fals), acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada para apoteker baru yang siap berkontribusi dalam pembangunan kesehatan bangsa di Negara Kesatuan Republik Indonesia.