SURABAYA – Bidang keilmuan psikologi terus mengalami perkembangan. Berbagai aspek kehidupan tidak bisa lepas dari ilmu yang mengenal perilaku dan fungsi mental tersebut. Karena itu, Universitas Surabaya tengah mematangkan berdirinya program studi psikologi. Terutama untuk jenjang strata 3 (S-3).

Rektor Universitas Surabaya Prof Joniarto Parung mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan tiga prodi baru. Selain S-3 psikologi, ada S-2 teknobiologi dan S-2 teknik industri. Saat ini, pendirian tiga prodi tersebut sedang dipersiapkan. Terutama mempersiapkan kelengkapan dokumennya.

Tiga prodi itu, lanjut dia, diharapkan bisa efektif beroperasi pada 2017. Bahkan, imbuh dia, pendirian S-2 teknobiologi sudah disetujui pemerintah pusat. ”Tinggal tunggu SK-nya yang belum turun,” katanya. Adapun dua prodi lainnya sedang diproses.

Pendirian tiga prodi baru itu, terang Prof Joni, tidak membutuhkan visitasi. Cukup dokumen atau borang (berkas) kelengkapan yang diserahkan ke Dirjen Dikti. Hal itu berbeda dengan fakultas kedokteran yang perlu divisitasi tim ahli. ”Mungkin karena menyangkut nyawa manusia, jadi harus ada visitasi,” tuturnya.

Tiga prodi tersebut didirikan bukan tanpa alasan. Psikologi misalnya. Di kampus itu sudah ada S-1 psikologi dan S-2 psikologi. Karena itu, pengembangan selanjutnya adalah S-3 psikologi. Demikian juga halnya dengan S-2 teknobiologi dan S-2 teknik industri yang cukup dibutuhkan masyarakat. ”Semoga tahun depan sudah bisa berjalan,” terangnya. (puj/c6/end)

Sumber: Jawa Pos, 1 April 2016

Copyright
© 2018 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/1756/Ubaya-Siapkan-Tiga-Prodi-Baru.html