Surabaya,pl.net - Sebanyak 115 Apoteker baru Angkatan XLIX Universitas Surabaya [Ubaya] diambil sumpahnya di JW Marriot Hotel yang dirangkaikan dengan penyerahan Apoteker baru kepada pengurus daerah Ikatan Apoteker Indonesia Jawa Timur. Upacara pengucapan sumpah apoteker tersebut dilaksanakan pada 22 Maret 2016 yang dipandu oleh Dekan Fakultas Farmasi Ubaya, Dr. Christina Avanti, M. Si., Apt.

Upacara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Farmasi Ubaya, dalam sambutannya memberikan nasihat kepada para Apoteker baru untuk selalu mengutamakan berkomunikasi dengan pasien atau sejawat kesehatan lainnya.

"Dengan sering melakukan komunikasi kepada pasien atau sejawat kesehatan lainnya, hal ini akan berimbas pada peningkatan terhadap brand profesi kita di masyarakat, memperluas pengetahuan, meningkatkan interaksi Apoteker-pasien, meningkatkan efek dan keamanan obat, dan meningkatkan pelayanan kefarmasian sehingga terjadi perbaikan kondisi kesehatan masyarakat yang bermakna," ujarnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sumpah apoteker dengan didampingi rohaniawan dari masing – masing agama. Para Apoteker wajib mengucapkan sumpah Apoteker yang dibacakan oleh Komite Farmasi Nasional Prof. Dr. Tutus Gusdinar Kartawinata, Apt. Dalam sumpah itu seorang Apoteker harus memanfaatkan ilmunya untuk kebaikan manusia dan dilarang menggunakan pengetahuannya untuk merugikan orang lain.

Selanjutnya, perwakilan Apoteker baru dari masing-masing agama menandatangani Sumpah Apoteker dan diikuti dengan penyerahan Sertifikat Kompetensi oleh Ketua Pengurus Daerah Apoteker Indonesia Jawa Timur serta penyerahan Surat Tanda Registrasi Apoteker oleh Ketua Komite Farmasi Nasional kepada Apoteker baru. Ijasah dan tanda kelulusan diberikan kepada seluruh Apoteker secara tertib dan rapi, serta sertifikat kompetensi Apoteker oleh Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia.

Dalam menjalankan profesinya, diharapkan para Apoteker baru ini mampu memiliki karakter komunikator dan pembelajar sepanjang hayat untuk selalu siap melayani dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat dengan penuh cinta, kejujuran, dan integritas.

“Saya sangat berharap setelah ini, saya mampu menjalankan tugas Apoteker dengan baik dan tetap berpegang teguh terhadap sumpah Apoteker yang sudah saya ucapkan hari ini,” ujar Raisah Ismi Indraswari, salah satu peserta Sumpah Apoteker Angkatan XLIX.