Daniel Soesanto ST MM : Pemerhati Medsos Ubaya

SURYA.co.id  - Fenomena munculnya para endorser saat ini merupakan pergeseran fenomena e-commerce di media sosial (medsos). Jika dahulu hanya untuk berbagi informasi, kini sosial media banyak dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Bahkan ada grup-grup sosial media yang sengaja dibuat untuk pemasaran produk.

Ini wajar karena perkembangan teknologi informasi terus berkembang. Dulu orang tidak membayangkan bisa mendapat duit banyak lewat sosial media.

Tapi kini nyatanya berbeda. Akhirnya fenomena iklan berbayar di medsos akan laku.

Para endorser ini adalah bagian dari teknik pemasaran yang efektif. Para endorser inimuncul juga karena banyaknya penipuan online dan mereka berperan sebagai pihak yang melakukan brand awareness.

Jika pada umumnya perusahaan mengalami kesulitan memasarkan produk di sosial media karena harus bersaing ketat dengan toko-toko online, kehadiran endorser bisa menjadi solusi.

Melihat fenomena seperti itu, nampaknya perusahaan lebih memilih para endorser karena biaya yang relatif terjangkau.

Di sisi lain, juga menguntungkan para endorser yang hanya berperan mengenalkan produk, bukan menjual.

Penjualan dan pembelian produk pada akhirnya kembali pada perusahaan terkait.

Dengan endorser yang cenderung memiliki banyak pengikut, kemungkinan diketahui oleh banyak orang juga terbuka.

Fungsi endorser ini seharusnya membuat anak-anak muda semakin melek dan memanfaatkan medsos, bukan sebaliknya, dimanfaatkan medsos.

Sumber: http://surabaya.tribunnews.com