SURABAYA - Mempertahankan prestasi merupakan hal yang sulit. Itulah yang dialami prodi Teknik Kimia Universitas Surabaya (Ubaya). Saat akreditasi pada 2000, prodi tersebut mendapat nilai A. Namun, ketika akreditasi ulang pada 2005 dan 2009, prodi itu malah mendapat nilai B.

Tahun lalu prodi tersebut menjalani akreditasi lagi. Harapan mendapat nilai A pun terkabul. "Makanya, saat Jumat (3/4) diumumkan dapat A lagi, teman-teman seneng sekali," kata Ir Endang Sri Hari Mochni MSc, ketua persiapan akreditasi.

Dengan prestasi itu, kata Endang, Ubaya menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta (PTS) yang memperoleh akreditasi A untuk prodi teknik kimia. Dengan nilai tersebut, Ubaya bisa dibilang setara dengan Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Mendapat nilai A butuh persiapan khusus. "Untuk menyiapkan evaluasi dan borang akreditasinya saja, butuh 1,5 tahun," ujar Aloysius Yuli W. ST MSc, salah seorang kepala laboratorium Teknik Kimia Ubaya. Persiapannya tidak hanya melibatkan dosen dan tenaga pengajar, namun juga alumni dan mahasiswa aktif.

Aloysius menjelaskan, proses akreditasi yang diajukan pada 2014 tersebut terbilang cukup ce­pat. Dokumen dan lampiran di­ajukan pada Oktober 2014. Empat bulan berselang, Februari 2015, sudah ada visitasi tim asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Padahal, menurut dia, tidak semua PT yang mengajukan reakreditasi mendapat kesempatan visitasi. "Untuk persiapannya, kami all-out. Mulai pengadaan alat hingga pendidikan dosen," lanjutnya.

Endang menambahkan, ada beberapa hal yang menjadi nilai tambah dalam akreditasi yang berlaku hingga 2020 itu. "Di antara 18 dosen tetap, sudah 13 orang yang tersertifikasi Kemenristek Dikti. Tenaga pengajar kami minimal lulusan S-2," ucapnya. (fam/c7/ai)

Sumber: Jawa Pos, 8 April 2015

 

Satu-satunya, Prodi Teknik Kimia Ubaya Raih Akreditasi A



suarasurabaya.net - Setelah sebelumnya sempat melakukan akreditasi dengan capaian nilai B pada tahun 2005 dan 2009, maka ditahun 2014 dengan semakin kompleksnya acuan serta ketentuan yang harus dipenuhi maka di tahun 2014 lalu kembali Program studi Teknik Kimia Universitas Surabaya melakukan akreditasi dan berhasil memperoleh nilai A.

Prodi Teknik Kimia Ubaya kembali mencoba untuk melakukan re-akreditasi dan telah dilakukan visitasi oleh asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), dan menjadikan Prodi Teknik Kimia Ubaya satu-satunya perguruan tinggi swasta yang memperoleh akreditasi A seperti diumumkan pada Jumat (3/4/2015) lalu.

Saat itu, ketika Prodi Teknik Kimia Ubaya mengajukan akreditasi, perwakilan BAN PT berencana melakukan visitasi, yang artinya bahwa perguruan tinggi bersangkutan dipastikan dapat meloloskan akreditasi yang dikehendaki.

Bersama segenap civitas academika serta dukungan kampus, maka dipersiapkanlah berbagai kemungkinan jika ternyata akreditasi diterima. Setelah proses vivitasi dilakukan, maka Prodi Teknik Kimia Ubaya menerima nilai A.

Dengan dicapainya nilai akrediatasi A dari BAN PT tentunya mengharuskan segenap pengelola Prodi Teknik Kimia Ubaya tidak boleh terlena. Melainkan harus terus berjuang dan bekerja keras karena dapat dipastikan tuntutan sesuai akreditasi yang diterima dari BAN PT juga akan menjadi lebih berat dan sulit.

Saat ini program studi (Prodi) Teknik Kimia mempunyai 18 Dosen tetap, dengan 3 diantaranya sedang studi lanjut S3 dan 1 orang bergelar Profesor, dan yang sudah memiliki sertifikasi Dosen sebanyak 13 orang dengan minimal kualifikasi Dosen adalah bergelar S2. Dengan bertambahnya Doktor yang dimiliki nanti, maka Program Studi Teknik Kimia Ubaya merencanakan pendirian program S2. (tok/dop/ipg)

Sumber: Suarasurabaya.net

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/1497/Ubaya-Kembali-Raih-Nilai-A.html