Bertempat di Politeknik Ubaya, Disnaker Kota Surabaya kembali mengadakan pelatihan dan uji sertifikasi teknisi akuntansi gratis bagi kalangan umum pada 21-23 November 2014 lampau. Dengan program menghimpun para pencari kerja, Disnaker memberi pelatihan berdasarkan penggolongan minat dan melaksanakan uji sertifikasi untuk mengukur kemampuan mereka. Total 190 peserta yang berasal dari SMA, SMK, mahasiswa, dan pekerja mendapatkan pembekalan selama 20 kali pertemuan. Peserta dibagi menjadi dua klaster, yakni klaster siklus akuntansi perusahaan dagang dan klaster komputer akuntansi. Peserta juga harus mengikuti uji mandiri dan interview oleh asessor.

Syarat untuk mengikuti uji sertifikasi adalah mengajukan aplikasi kepada disnaker, dan juga memiliki backgroundakuntansi baik formal maupun nonformal. Setelah itu, peserta diwajibkan mengikuti pelatihan terlebih dahulu dan kemudian barulah dapat mengikuti ujian tersebut. Materi yang diujikan adalah memproses entryjurnal, K3, praktik prefesional dalam bekerja, excel untuk akuntansi, dan juga MYOB. Setelah mengikuti 3 hari rangkaian ujian, maka peserta berhak untuk mendapatkan rekomendasi dari asesor.

“Prodi Akuntansi Politeknik Ubaya ini memang Tempat Uji Kompetensi (TUK) dari LSP-TA. Sehingga jika ada Ujian Sertifikasi Teknisi Akuntansi dari LSP-TA, maka harus kesini,“ terang Diah Anugrah Sharasanti SE MM Ak CA selaku asesor yang juga seorang dosen Prodi Akuntansi Politeknik Ubaya ini.

Beberapa dosen Akuntansi lainnya dari Politeknik Ubaya juga telah terdaftar sebagai asesor dari LSP-TA. Hal itu menjadi sebuah keuntungan untuk prodi, karena dosen-dosen tersebut mendapat tugas sebagai asesor untuk universitas ataupun perguruan tinggi lainnya. Sehingga dosen-dosen yang bersangkutan dapat membandingkan kemampuan antara mahasiswa akuntansi Politeknik Ubaya dengan mahasiswa akuntansi universitas lainnya.

“Kami jadi bisa membandingkan kemampuan peserta uji sertifikasi teknisi akuntansi dengan mahasiswa Akuntansi Politeknik Ubaya. Kami lihat kemampuan rata-rata mereka, dan ternyata mahasiswa disini nggak kalah dengan peserta lainnya,” tutup dosen berkacamata ini. (res,wu)

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/1438/Sertifikasi-Akuntansi-DISNAKER.html