MABIS JMFBE MENGIKUTI LOKAKARYA JURNAL YANG MEMENUHI STANDAR MUTU DAN TATA KELOLA NASIONAL

TAHUN 2014

Keberhasilan suatu jurnal atau terbitan berkala ilmiah untuk memperoleh status akreditasi nasional, maupun terindeks secara Internasional oleh lembaga pengindeks Internasional yang diakui oleh DIKTI sangat ditentukan oleh mutu artikel, di samping juga beberapa kriteria penentu lain terkait penamaan jurnal, kelembagaan penerbit, penyuntingan, dan penampilan jurnal, serta penyebarluasan, demikian juga keberadaan suatu artikel juga akan sangat menentukan keberkalaan suatu jurnal. Mutu artikel ditentukan oleh gaya penulisan, substansi isi, serta bebas dari adanya desinsentif dan plagiarisme

Manajemen & Bisnis Berkala Ilmiah merupakan Terbitan Berkala Ilmiah Jurusan Manajemen yang pernah terakreditasi, dimulai dengan mendapatkan Akreditasi C pada tahun 2007-2010, meningkat dengan Akreditasi B pada tahun 2010-2013, namun dari hasil re-akreditasi yang dilakukan pada Periode I Tahun 2013 dan yang diajukan pada Maret 2013 yang lalu, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 58/DIKTI/Kep/2013, tanggal 22 Agustus 2013, yang disampaikan pada tanggal 30 Oktober 2013, Manajemen & Bisnis Berkala Ilmiah dinyatakan Tidak Terakreditasi. Pada Hasil Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Periode I Tahun 2013 tersebut total nilai yang berhasil dikumpulkan oleh Manajemen & Bisnis Berkala Ilmiah adalah sejumlah 67, kurang 3 poin untuk dapat meraih predikat sebagai Jurnal yang terakreditasi. Oleh karenanya melalui Program Hibah Jurnal yang Memenuhi Standar Mutu dan Tata Kelola Nasional Tahun 2014, Manajemen & Bisnis Berkala Ilmiah berupaya untuk meningkatkan standar mutu, salah satunya adalah peningkatan mutu artikel, agar ke depan Manajemen & Bisnis Berkala Ilmiah dapat kembali terakreditasi.

Salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan Program Hibah tersebut, Manajemen & Bisnis Berkala Ilmiah mengikuti kegiatan lokakarya yang diselenggarakan oleh Gadjah Mada International Journal of Business (GamaIJB). Gadjah Mada International Journal of Business (GamaIJB) dengan ISSN 1411-1128 merupakan terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh program Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. GamaIJB merupakan jurnal dibidang Ekonomi yang telah terakreditasi secara nasional oleh DIKTI dan terindeks secara Internasional oleh Scopus, EBSCO, dan Informit.GamaIJB telah ditunjuk oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Dit. Litabmas), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menjadi jurnal pengembang dan pembina bagi jurnal sebidang yang belum terakreditasi sehingga jurnal yang dibina dapat berhasil dalam meningkatkan kualitas dan mutu jurnal untuk mendapatkan status akreditasi nasional dalam 2 tahun mendatang.

Tujuan dari Lokakarya Jurnal yang Memenuhi Standard Mutu dan Tata Kelola Nasional tahun 2014 yaitu:

  1. Berbagi pengalaman dalam mengelola terbitan berkala ilmiah
  2. Meningkatkan mutu pengelolaan terbitan berkala ilmiah
  3. Meningkatkan kualitas terbitan berkala ilmiah
  4. Meningkatkan nilai evaluasi diri untuk persiapan mendapatkan akreditasi DP2M Dikti
  5. Menjalin hubungan baik sesama pengelola jurnal untuk kemajuan terbitan berkalailmiah

Adapun kegiatan lokakarya diselenggarakan di Ruang Faculty Meeting Lantai 5 Gedung Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada dalam dua Tahap. Lokakarya Tahap I diselengagarakan hari Senin-Selasa, 22-23 September 2014, sedangkan Lokakrya Tahap II diselenggarakan sebulan kemudian hari Senin-Selasa, 20-21 Oktober 2014. Dengan mengikuti kegiatan lokakarya tersebut, semoga Manajemen & Bisnis Berkala Ilmiah menjadi semakin baik lagi kedepannya.

Semangat…Sukses MABIS JMFBE Ubaya