Dimohon untuk seluruh civitas akademika berhati-hati terhadap beredarnya telepon dan sms yang merupakan salah satu bentuk penipuan yang mengatasnamakan Ubaya.

Berikut adalah sms penipuan yang diterima oleh salah seorang mhs. Mhs tsb ditelpon dulu, tapi tidak diangkat, setelah itu baru di sms di bawah ini.

Dari: +628161622116

Isi SMS:
Sy Bpak. Stevanus Hadi
Diberitahukn Kpd Sdr.XXXXX
Dihrp Segera M-hub Bpak Prof.JONIARTO PARUNG.(08161920633)
Shubngn Anda Kmi Tnjuk Ikut Hdir di SemNas DITJEN DIKTI
Hal;Pningktn Kompetensi& KrakterMhsw, Pnulisnkarya Ilmiah,Pnelitian Prestasi & Pmbrian Bntuan Dana Usaha.
Pd Tgl 6/7 April Htel Brbdur Jkt

Setelah terima sms ini mhs tsb ditelpon lagi.  Penelpon memberi tahu kalau ada seminar, dan ada dana transport dan akomodasi sebesar 8 juta. Mhs tersebut menjawab kalau dia tidak bisa ikut karena ada acara. Penelpon bilang kalau mhs tsb bisa ikut gelombang berikutnya tanggal 16-17 April, dijawab oleh mhs tsb: "kan ada uts?". Disuruh ikut tgl 14-15, mhs menjawab ada persiapan uts. Penelpon pause sebentar terus berkata mau transfer dana 8 juta tersebut.
Mhs diminta nama dan nomor bank. Diberitahu oleh mhs dan penelpon meminta mhs untuk ke ATM terdekat. Diminta cek saldo dan menyebutkan. Isinya tdk banyak, lalu ditanya "Belum masuk ya?"  Ditanya ada bank lain? Karena mhs menjawab ada, maka diminta ke ATM Mandiri. ATM lagi rame, mhs disuruh ke ATM BNI. Diminta informasi saldo. Ddiberikan info saldonya. Mahasiswa diminta tekan transfer, dan karena mahasiswa curiga dan ingin tahu siapa nama yang akan dituju, diikuti  apa yg diminta penelpon. Mhs diminta diminta masukkan kode (yang merupakan nomor rekening orang tersebut). Akan dicatat namanya, tp karena terdengar suara hp ditekan, penelpon  berkata "Dik, kamu nggak percaya saya ini benar-benar rektor." Dan mengancam bisa menDO mhs tersebut. Mhs tersebut menjawab tidak percaya dan akhirnya hubungan terputus. Adapun bank yg dituju utk transfer adalah BRI.

Demikian informasi ini, abaikan apabila ada sms atau telepon yang senada.