Kualitas Universitas Surabaya (Ubaya) tak perlu diragukan lagi dalam membekali dan mencetak lulusannya menjadi orang yang berguna bagi negara. Tak sedikit dari mereka yang telah sukses setelah lulus dari Ubaya. Salah satu alumni Ubaya tersebut adalah Budi Prasetyo SH MM yang kini menjabat sebagai Direktur Kewaspadaan Nasional Indonesia. “Kesuksesan saya saat ini tak lepas dari pengembangan diri pada saat kuliah,” ungkapnya.

 
Pada Desember 2012, alumni Ubaya angkatan 1978 ini hadir di Ubaya untuk memberikan kuliah tamu dan kisah sukses perjalanan karirnya kepada mahasiswa Fakultas Hukum (FH). Pada awalnya Budi adalah mahasiswa pindahan dari PTPN Jogja kemudian ia memutuskan untuk mengambil FH Ubaya. Diakuinya bahwa sistem perkuliahan pada waktu itu tidaklah sama seperti sekarang. “Dahulu sistemnya bukan sistem SKS maka dari itu waktu tempuh pendidikannya pun lebih lama,” tuturnya.
 
Pria kelahiran 8 Januari 1957 ini sangat pandai untuk memanfaatkan waktu luangnya disamping perkuliahan dengan mengikuti berbagai organisasi dan ekstrakurikuler. Bahkan bersama dengan teman–temannya, bapak dua anak ini merintis beberapa unit kegiatan mahasiswa yang masih aktif sampai sekarang yaitu Resimen Mahasiswa (MENWA) dan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Surabaya (MAPAUS).
 
Selain merintis kegiatan tersebut Pria berkacamata ini juga dulunya aktif sebagai anggota senat mahasiswa. Kini ia dapat memetik manfaat dari keaktifannya pada masa kuliah terutama dalam kegiatan keorganisasiaan. Sejumlah jabatan mewarnai perjalanan karirnya setelah lulus dari Ubaya pada tahun 1986 diantaranya sebagai staff kementerian dalam negeri, direktur pemerintahan desa, dan direktur polisi pamong praja. (voz/wu)