DUNIA KERJA saat ini tidak lagi hanya menuntut kemampuan intelektual tapi juga profesionalitas yang dibuktikan dengan pengalaman bekerja. Sebagai mahasiswa yang nantinya akan memasuki dunia kerja atau bekerja mandiri, sudah semestinya jika mempersiapkan diri sejak dini untuk menghadapi fenomena tersebut dengan mencoba sebuah alternatif baru yang menjadi trend dan gaya hidup dewasa ini yaitu Kuliah sambil kerja atau Kuliah sambil bisnis.

Ada beragam alasan yang dikemukakan terkait pilihan untuk kuliah sambil bekerja atau kuliah sambil bisnis, antara lain:

  • Beberapa calon mahasiswa mulai merasa bosan bila hanya dijejajali teori saja, sehingga mereka juga ingin mengetahui langsung prakteknya sehingga mereka bisa memahami konsepnya di kampus dan juga paham prakteknya seperti apa di dunia kerja. Beberapa orang yang telah mengalaminya mengatakan pemahaman konsep jauh lebih utuh jika juga paham dan merasakan prakteknya.

  • Mereka memilih kuliah sambil kerja/bisnis agar lebih cepat beradaptasi dengan dunia kerja, sehingga pada saat lulus telah memiliki nilai plus karena telah memiliki pengalaman kerja dibanding mereka yang tidak pernah bekerja sama sekali.

  • Ingin mandiri dalam membiayai kuliah sehingga tidak membebani orang tua. Walaupun orang tua masih mampu membiayai kuliah putra/putrinya, namun beberapa orang memiliki kebanggaan tersendiri jika bisa mandiri dalam berbagai hal termasuk membiayai perkuliahan.

  • Lebih cepat memulai bisnis atau bekerja jelas jauh lebih baik karena dengan menang start memulai suatu bisnis di era persaingan yang ketat dewasa ini akan sangat menentukan keberhasilan.

  • Bagi mereka yang telah bekerja atau berbisnis saat ini, kebutuhan untuk
    terus meningkatkan kompetensi dan kapabilitas secara terus menerus serta karena tidak ingin ketinggalan terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berubah secara cepat, meluangkan waktu untuk
    back to campus sambil terus berkarier atau mengembangkan usaha, menjadi pilihan yang terbaik.

 

Kuliah sambil kerja atau kuliah sambil bisnis sebenarnya bukanlah fenomena baru dalam dunia kampus. Sekarang menjadi lebih berkembang lagi karena berbagai sebab, diantaranya:

  • tuntutan dunia kerja terhadap kualitas SDM yang lebih baik,
  • tingkat persaingan kerja,
  • peluang usaha yang banyak terbuka bagi generasi muda,
  • kondisi ekonomi, dan perkembangan teknologi.

Tentu saja bukanlah hal yang mudah untuk menjalani dua kehidupan berbeda pada waktu yang sama. Dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk dapat menjalani keduanya secara bersamaan dan memberikan hasil yang baik. Bagaimana cara sukses kuliah sambil kerja atau kuliah sambil bisnis?

Pertama: Pilihlah untuk berkuliah di kampus yang menyediakan kelas di malam hari, karena kalau mengambil kelas reguler di pagi hari, sulit sekali untuk diselingi kerja. Paling hanya bisa kerja part time dan mungkin hasilnya tidak seberapa. Kalau  mengambil kelas malam, maka  bisa kerja full dan tetap bisa menimba ilmu di kampus.

Kedua: Milikilah Time Management yang baik dan berusaha untuk tetap fokus dalam menjalani masing-masing peran sehingga tugas belajar di kampus bisa diselesaikan tanpa harus membawa tugas pekerjaan ke kampus.

Ketiga: Jangan pernah menunda pekerjaan, baik tugas kampus maupun tugas pekerjaan  dengan alasan bisa dikerjakan. Sesibuk apapun kita, sediakan waktu sekitar 1 atau 2 jam untuk mengerjakan tugas kuliah di rumah. Kalau sedang di kantor atau sedang menjalankan bisnis, maka bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan menghindari mengerjakan tugas-tugas kampus di tempat kerja. Karena selain tidak profesional, hasilnya juga tidak akan maksimal. Kecuali ketika kita sedang mengerjakan kerja praktek atau tugas akhir dengan kasus di tempat kerja atau di bisnis kita. Di samping Anda sedang mengerjakan tugas akhir, secara bersamaan Anda juga mencoba memberi solusi dan perbaikan terhadap permasalahan di tempat kerja atau dalam bisnis yang sedang berjalan.

Keempat: Pilihlah kampus yang berkualitas, memiliki kurikulum serta sistem pembelajaran yang cukup fleksibel dan memahami kondisi mahasiswa yang bekerja. Misalnya tersedianya teknologi pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa cukup fleksibel dalam mendapat materi dan mengikuti proses pembelajaran walaupun suatu ketika berhalangan hadir. Misalnya tersedia modul-modul pembelajaran e-learning, web based teaching dan lain-lain.

Silahkan mencoba dan semoga berhasil dalam menjalani kuliah, bekerja dan berbisnis. Sebagai Informasi, Politeknik Ubaya membuka kuliah Program Profesional malam hari untuk memfasilitasi kebutuhan ini. Info lebih lanjut bisa menghubungi Tim Info Politeknik Ubaya, Jalan Ngagel Jaya Selatan 169, Telp: 031-298 1183/1184 (Direktur Politeknik Ubaya – Bapak Ir. Benny Lianto MMBAT).