Banyak yang membayangkan pekerjaan sebagai sekretaris hanyalah sekedar menjadi sekretaris semata. Hal tersebut ditampik oleh Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., selaku Direktur Politeknik Universitas Surabaya. Menurut beliau ada banyak sekali pekerjaan yang berhubungan dengan sekretaris. Bahkan, salah satunya bisa dihubungkan denganbidang MICE (Meeting Incentive Conference Exhibition) yang menjadi bidang harapan kota Surabaya di masa depan.

Q : Menurut Bapak, pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan oleh seorang sekretaris?

A : Sekarang ini profesi sekretaris profesional itu pekerjaannya lebih dinamisdan berkembang. Hampr semua pekerjaan administrasi perkantoran dan bisnis pasti melibatkan seorang sekretaris. Sekarang ini seorang sekretaris harus punya banyak kecakapan(skill) untuk mendukung kiprah mereka di dunia kerja (di berbagai sektor: hotel, pariwisata, bank, penerbangan, pertambangan, manufaktur, konsultan, dan pendidikan) dengan berbagai bidang dan peran, misalnya sebagai: Personal Assistant(PA), tenaga Public Relation(PR), Customer Service(CS), Pramugari, dll.

Q : Apa rencana ke depan Politeknik Ubaya untuk mewadahi kebutuhan akan sekretaris profesional dan cakap tersebut Pak?

A : Dalam mendukung dan menangkap peluang serta momentum Kota Surabaya sebagai kota MICE, mulai semester ini (semester gasal 2016/2017), prodi sekretari PoliteknikUbaya akan membuka mata kuliah MICE. Rencana ke depan, bidang ini akan dikembangkan menjadi salah satu program kekhususan atau peminatan di prodi sekretari.

Q : Apakah ada alasan khusus mengapa diputuskan akan dibuka mata kuliah MICE?

A : Rencana untuk membuka mata kuliah ini sudah sangat lama sebenarnya. Karena dari awal di Prodi Sekretaris dan Marketing sudah ada mata kuliah yang berhubungan dengan MICE, akan tetapi, mata kuliah ini belum terstrukturdan fokus. Jadi tidak benar-benar membahas MICE saja.Semester ini kita ingin memberikannya lebih fokus dan menyeluruh. Selain itu, akhir-akhir ini dikota Surabaya, mulai banyak juga potensi-potensi pekerjaan yang mengarah ke bidang MICE ini.Politeknik Ubaya sebagai Pusat Pendidikan Terapan dan Sertiifikasi (PETSI) harus hadir dalam menyiapkan tenaga terampil untuk mengisi lowongan-lowongan pekrjaan tersebut.

Q : Bisakah Bapak berikan sedikit bocoran apa yang akan dilakukan pada mata kuliah MICE ini Pak?

A : Kita akan banyak mengundang dan melibatkan para pelaku usaha di bidang MICE. Mulai dari bidang industri tour and travel, penyedia tempat konferensi,dan bidang lain yang terkait semuanya akan kita undang. Nah, untuk apa kita undang? Mereka nantinya yang akan memberikan kuliah untuk para mahasiswa, jadi nanti para mahasiswa bisa langsung tahu apa saja yang terjadi dan berlangsung dalam bidang MICE yang sebenarnya. Konsep kita 70% praktek dan 30% Konsep/teori..

Q : Terakhir Pak, kapankah rencana pemintan MICE ini akandi buka dan dijalankan?

A : Kalau menurut rencana akan dibuka pada tahun ajaran baru 2017(atau paling telat 2018) nanti. Saya sangat optimis peminatan ini akandimintai oleh banyak siswa SMA/SMK. Peminatan MICE ini kita harapkan turut membantu mempersiapkan para tenaga terampil di bidang MICE. Apalagi kemarin MICE disebut-sebut dalam Prepcon UN Habitat III di Surabaya.

Ternyata, menjadi profesi sekretaris dinamis dan terus berkembang di masa yang akan datang hingga ke industri MICE. Semoga mata kuliahdan peminatan MICE ini membawa terobosan baru dan angin segar untuk prodi SekretarisPoliteknik Ubaya. (tea)