Sebagai rangkaian acara The 1st BINNOVA (Business Innovation Competition) yang merupakan ajang kompetisi inovasi bisnis Mahasiswa S1, dan sebagai acara puncak yakni presentasi finalis peserta lomba inovasi bisnis tersebut, maka Jurusan Manajemen FBE UBAYA, pada 22 September 2012 mengadakan business gathering dengan tema “Ecotourism Business Opportunity” di Serba Guna Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Acara Business Gathering ini juga dimaksudkan sebagai upaya networking dengan stakeholders JMFBE UBAYA untuk sharing informasi tentang ide-ide inovasi bisnis bagi pengembangan IOC (Integrated Outdoor Campus) UBAYA yang merupakan obyek inovasi bisnis pada The 1st BINNOVA ini. Business gathering ini dihadiri oleh 70 orang stakeholders JMFBE UBAYA, antara lain dari PT Wonokoyo Jaya Corporindo; Axa Life, HM Sampoerna, PT Metropolis Apartemen, Terafulk Co.; Liquid Game Online; PT Keramik Diamond; ERA Indonesia; BPR Sukaraja; Integrity Management Consultant; PT Perdani; GITS Consulting; Reliance Security; Kung Fu World; Trane Company; Universal Trading; PT Hartono Elektronika; Lewi Imanuel Photography, PT Kenongo Subur Makmur, Citi Hub Sidoarjo, Surabaya Global Komindo, Ace Life, Ice Tube dan para praktisi bisnis lainnya serta para dosen JMFBE UBAYA, juga mahasiswa peserta mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis.

Business gathering diawali dengan sambutan Wakil Rektor II, yang mewakili Rektor UBAYA, kemudian acara talk show oleh Direktur IOC; Bapak Darmo Handoyo. Talk show ini dimaksudkan untuk memberikan informasi terkait IOC UBAYA, sehingga para undangan lebih mengenal dan memahami IOC UBAYA. Acara dilanjutkan dengan presentasi kelima finalis peserta lomba inovasi bisnis, yang terdiri atas satu kelompok peserta dari Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara Jakarta, satu kelompok peserta dari Fakultas Teknik Industri Universitas Atmajaya Jogjakarta, dan tiga kelompok peserta dari UBAYA. Sebagai Juri adalah Bapak Darmo Handoyo sebagai Direktur IOC; Ibu Anita Sonya sebagai Assesor Ekowisata Jatim, dan Bapak Deddy Marciano sebagai Konsultan dan PJMK SKB. Presentasi dilakukan selama 10 menit untuk masing-masing kelompok peserta, dan dilanjutkan tanya jawab oleh para juri dan undangan selama 20 menit. Dalam kesempatan ini kelima finalis lomba harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang secara langsung diajukan oleh para stakeholder JMFBE UBAYA. Disini kemampuan peserta lomba betul-betul diuji, bukan sekedar kemampuan teoritik namun fokusnya justru pada implementasi business plan yang sudah dibuat dalam kondisi riil bisnis. Sesi tanya jawab menjadi ajang yang sangat aktif antara peserta lomba dengan para stakeholder JMFBE UBAYA.

Setelah presentasi secara bergantian dilakukan, maka ketiga juri berdiskusi terlebih dahulu, dan para undangan dihibur performa musik akustik oleh mahasiswa panitia BINNOVA. Dalam kesempatan ini para stakeholder dipersilahkan untuk menjalin jejaring kerjasama di antara mereka. Para stakeholder bisa saling memperkenalkan bisnis mereka masing-masing dan saling bertukar dan update informasi terkini. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba yang dibacakan oleh Bapak Deddy Marciano, dan sebagai pemenang lomba inovasi bisnis adalah: Juara I diraih oleh kelompok The Green Bulb dari Universitas Atmajaya Jogjakarta dengan inovasi bisnis berjudul “Inovasi Paket Wisata dan Pelatihan Energi”. Juara I berhak memperoleh Piala Bergilir Rektor Ubaya, Piala Juara I dan uang tunai sebesar Rp 5 juta.

Sebelum acara business gathering diakhiri, ada penyerahan souvenir UBAYA kepada lima orang undangan yang telah berpartisipasi memberikan pertanyaan terbaik kepada peserta lomba, kemudian pengumuman pemenang, sekaligus penyerahan hadiah dan sesi foto bersama Juri, Kajur Manajemen, Ketua Panitia BINNOVA dan peserta lomba. Penutupan acara business gathering adalah makan siang bersama sekitar pukul 12.30 WIB. Demikian rangkaian acara business gathering yang berjalan lancar dan berkesan bagi seluruh undangan, peserta lomba serta panitia dosen dan mahasiswa. VIVAT JMFBE UBAYA, Semoga dapat saling memberi manfaat.

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/dates_detail/1060/BUSINESS-GATHERING--THE-POWER-OF-NETWORKING-JURUSAN-MANAJEMEN-FAKULTAS-BISNIS-DAN-EKONOMI.html