Masa Orientasi Bersama(MOB) atau yang lebih dikenal dengan ospek bagi mahasiswa baru adalah kegiatan yang selalu dilaksanakan sebelum mahasiswa memulai perkuliahannya. Upacara pembukaan MOB Politeknik Ubaya 2012 dilaksanakan pada Senin, 10 September bertempat di Kampus Politeknik Ubaya. Ada yang spesial dari MOB tahun ini karena kedatangan para maharu disambut dengan setangkai bunga mawar oleh para seniornya.

MOB yang dilaksanakan di Politeknik Ubaya bertajuk "ADI NURANI" yang merupakan singkatan dari Ajar Budi Asah Nurani.  Upacara pembukaan MOB diawali dengan sambutan dari Ir Benny Lianto, MMBAT selaku Direktur Politeknik Ubaya. Dalam isi sambutannya, Benny menyampaikan beberapa hal penting. Pertama makna MOB "ADI NURANI" itu sendiri. Kegiatan "ADI NURANI" adalah fondasi atau awal pembentukan seorang profesional sejati.

"Selamat datang profesional sejati," sambutnya dengan semangat. Acara pelepasan balon disertai peluncuran conffeti menyemarakkan upacara pembukaan MOB 2012 ini. Selanjutnya adalah perkenalan para pimpinan Politeknik Ubaya kepada maharu. Tema yang diusung dalam MOB “ADI NURANI 2012” ini adalah ‘A journey to Professionalism’. Para mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan MOB  ini selama lima hari. Kegiatan MOB ini juga akan dilakukan di UTC, Kampus III Ubaya yang bertempat di Trawas, Mojokerto. Selama satu semester, mereka juga akan  mengikuti  kegiatan – kegiatan tambahan disamping perkuliahan yang termasuk dalam rangkaian acara "ADI NURANI".

Pada hari pertama MOB "ADI NURANI 2012" para maharu dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok homogen dan heterogen. Pengelompokan tersebut dibuat agar para maharu dapat bersosialisasi dengan maharu lainnya. Kegiatan lain yang mereka lakukan adalah pengenalan prodi di kelas – kelas dan juga sharing alumni. Demikianlah rangkaian acara yang dikemas dalam hari pertama. Masih akan berlanjut kemeriahan MOB “ADI NURANI 2012” di hari berikutnya. (voz)