Mata kuliah Riset Pemasaran yang merupakan salah satu mata kuliah wajib konsentrasi Manajemen Pemasaran, dirancang semakin menarik. Metode pembelajaran mata kuliah ini dilengkapi dengan kuliah tamu. Pada hari Selasa, tanggal 24 April 2012, PJMK beserta rekan dosen Lab Manajemen Pemasaran dan 18 mahasiswa peserta mata kuliah Riset Pemasaran telah melakukan kuliah tamu di LotteMart (Waru-Sidoarjo). LotteMart merupakan wholesaler dari Korea Selatan yang telah mengakuisisi Makro yang berasal dari Belanda. Kegiatan kuliah tamu ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan praktik proses pengumpulan data pada proses riset pemasaran.

            Kuliah tamu ini diawali dengan penjelasan terkait LotteMart oleh store general manager, Bapak Qomaruzaman. Penjelasan ini berisi perkembangan perdagangan besar dan perdagangan kecil, dan bahwa LotteMart yang dimiliki oleh Lotte Group merupakan wholesaler dengan peringkat ke-5 di ASIA.

            Bapak Qomaruzaman menyampaikan bahwa orang-orang Korea memiliki semangat kerja yang tinggi, ulet, disiplin dan serius di dalam melakukan bisnis. Beliau pernah mengikuti pertemuan dengan para pimpinan Lotte Group yang berada di Korea Selatan.

            LotteMart di Sidoarjo memiliki main customer yakni (1) HORECA (pelaku bisnis di Hotel, Bar, Restoran, Cafe dan Caterers), (2) Retailer, meliputi food generalist, food specialist, special food sales format, (3) Service sector, (4) Trader, dan (5) End user.

            Setelah penjelasan singkat oleh Bapak Qomaruzaman, mahasiswa berdiskusi terkait pelanggan utama, manajemen pemasaran, dan pemilihan kelompok pelanggan yang sesuai untuk dijadikan sebagai target responden.

            Mahasiswa yang terdiri dari 3 kelompok topik riset pemasaran yakni: private brand, brand trust dan customer loyalty, mengikuti kuliah tamu ini dengan semangat, dan kegiatan ini dilanjutkan para mahasiswa melakukan site visit atau observasi ke seluruh kategori produk LotteMart, dengan didampingi oleh Ibu Lukita, manajer personalia LotteMart.

            Kuliah tamu berlangsung selama 3 jam, dan diakhiri dengan pendataan mahasiswa untuk diberi tanda pengenal, yang akan dipergunakan selama mahasiswa melakukan survei dan penyebaran kuesioner. Proses pengumpulan data riset pemasaran oleh kelompok mahasiswa akan dilakukan selama 2 minggu, dengan kurun waktu survei @ 1-2 jam sehari, dan jumlah kuesioner per kelompok telah ditentukan sebanyak 150 responden, pelanggan LotteMart.

Hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi pihak LotteMart, yang telah bersedia menjadi tempat penelitian, sekaligus bermanfaat bagi mahasiswa peserta mata kuliah Riset Pemasaran ini, yakni meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa untuk melakukan proses riset pemasaran. Viva JMFBE Ubaya......