Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Kemdikbud pada Tahun 2012 kembali menyelenggarakan Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2012. 

Dalam penyelenggaraan tahun 2012 Pemilihan Diktendik Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2012 terdiri dari Dosen Berprestasi, Kaprodi Berprestasi, Laboran Berprestasi, Pustakawan Berprestasi, Tenaga Administrasi Akademik Berprestasi dan Tenaga Pengelola Keuangan Berprestasi.

Dua wakil UBAYA, yaitu Yusuf Mulus Riptianto, S.E., M.Ak. (Direktorat Keuangan) dan Amirul Ulum, S.Sos. (Perpustakaan) berhasil lolos pada seleksi di tingkat Kopertis Wilayah VII Jawa Timur yang diselenggarakan pada tanggal 1-2 Mei 2012 di Hotel Royal Tretes View Pandaan.

Mereka menyisihkan peserta seleksi dari berbagai PTS di Jawa Timur. Yusuf Mulus Riptianto, S.E., M.Ak., yang mempresentasikan tentang integrasi program gaji & honor untuk perhitungan pajak sesuai aturan PPh 21 serta kaitannya dengan PPh Badan serta pengakuan akuntasi atas biaya gaji & honor terpilih sebagai Juara I kategori Tenaga Pengelola Keuangan Berprestasi.  

Sedangkan Amirul Ulum, S.Sos. menjadi juara III kategori Pustakawan Berprestasi dengan presentasi tentang kontribusi pustakawan dalam pengembangan sistem informasi manajemen perpustakaan terintegrasi. Dengan keberhasilan tersebut mereka berhak mewakili Kopertis Wilayah VII Jawa Timur untuk proses seleksi tingkat nasional.

Pada tingkat nasional  akan terpilih 15 orang Finalis dari seluruh Indonesia yang hasilnya akan diumumkan pada Juni 2012. Selanjutnya akan dilakukan presentasi pemilihan juara I,II, dan III terbaik berprestasi tingkat nasional  untuk masing-masing kategori.  Pemenang I, II, dan III masing-masing kategori Diktendik Berprestasi akan diundang untuk mengikuti Acara Kenegaraan di Jakarta dalam rangka HUT RI ke-67 Tahun 2012, tanggal 15-18 Agustus 2012