Berbagai cara dapat dilakukan setiap individu maupun organisasi untuk mengenang jasa para pahlawan khususnya pahlawan pendidikan. Hal ini pula yang dilakukan oleh Ubaya untuk mengenang jasa para pahlawan dengan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan upacara bendera pada Rabu, 2 Mei 2012. Upacara yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dari seluruh fakultas, karyawan, dan dosen berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Sebelum upacara dimulai, seluruh mahasiswa diwajibkan memasuki barisan yang telah ditentukan sesuai dengan fakultasnya masing-masing dengan rapi. Protokol mempersilahkan komandan upacara untuk memasuki lapangan pertanda upacara siap untuk dimulai. Setelah memasuki lapangan, komandan mempersilahkan rektor Ubaya, Prof Ir Joniarto Parung MMBAT PhD sebagai inspektur upacara untuk memasuki lapangan.

Dengan badan tegap dan suara yang lantang, komandan upacara memberikan penghormatan umum dan dilanjutkan dengan laporan kepada inspektur untuk membuka upacara. Tiba saatnya untuk pengibaran bendera merah putih yang diiringi lagu Indonesia Raya. Setelah pengibaran bendera dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan.

Tidak hanya itu saja, upacara semakin lengkap dengan adanya pembacaan teks pancasila yang diikuti oleh peserta upacara dan UUD 1945. Dilanjutkan dengan pembacaan amanat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nasional yang disampaikan secara langsung oleh inspektur upacara.
Dalam amanatnya, atas nama pemerintah Mendikbud memberikan penghargaan kepada organisasi yang bergerak di bidang pendidikan yang telah menumbuh kembangkan pendidikan. Sebagai tambahan, rektor Ubaya menyampaikan agar para dosen ikut berpartisipasi dalam melahirkan insan yang memiliki arti yang seutuhnya melalui perkembangan karakter dengan mendisiplinkan diri.
 
Sebelum upacara bendera berakhir, Ubaya memberikan beberapa beasiswa untuk tahun akademik 2011-2012 kepada 563 mahasiswa. Beasiswa tersebut dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah beasiswa pendanaan murni dari Ubaya dengan total penerima 457 mahasiswa, diantaranya Beasiswa Prestasi Kurikuler untuk 80 mahasiswa, Beasiswa Prestasi Aktivis 127 orang, Beasiswa Simpati 70 mahasiswa, Beasiswa Prestasi Olahraga dan/atau Seni 13 mahasiswa, Beasiswa Penalaran dan/atau Teknologi 4 mahasiswa, Beasiswa Putra-Putri Karyawan Tetap 63 mahasiswa, Beasiswa Student Employee 3 mahasiswa, Beasiswa Prof Mr R Boedisoesetya 60 mahasiswa, Beasiswa Sosial Ekonomi 31 mahasiswa, dan Beasiswa Program International 6 mahasiswa.
 
Kelompok kedua terdapat beasiswa Partisipasi Masyarakat sejumlah 77 mahasiswa yang terdiri dari Beasiswa dari PT Kuda Laut Mas Surabaya sebanyak 6 mahasiswa, Beasiswa dari Yayasan Salim Group Jakarta 4 mahasiswa, Beasiswa dari Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat Jakarta 7 mahasiswa,  Beasiswa dari Bank Mandiri 10 mahasiswa,  dan Beasiswa dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) 50 mahasiswa. Sedangkan untuk kelompok yang ketiga terdapat Beasiswa dari Pemerintah yang berupa Beasiswa Unggulan untuk 29 mahasiswa.

Pemberian beasiswa dilakukan secara simbolis oleh rektor Ubaya yang didampingi oleh Wakil Rektor I, Nemuel Daniel Pah ST MEng PhD kepada perwakilan penerima beasiswa dari tiap fakultas. Setelah pemberian selesai, upacara diakhiri dengan pembacaan doa dan laporan dari komandan upacara kepada inspektur upacara yang dilanjutkan dengan pembubaran barisan. (cyn/wu)