Berkenaan dengan peringatan hari Bumi sedunia yang jatuh pada 22 April 2012 beserta peringatan Dies Natalis Universitas Surabaya ke-44 pada 11 Maret silam, Ubaya bekerjasama dengan media KOMPAS dalam kegiatan penanaman pohon pada 21 April 2012. Dimulai dari kampus Tenggilis, kegiatan yang diselenggarakan sejak pukul setengah enam tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dekanat, Direktorat Kemahasiswaan, Direktur Kompas, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya (DKP), Dinas Pertanian, Camat Rungkut, Camat Sukolilo, dan Lurah sekitar. “Sesuai dengan nama yang dipilih sebagai nama Universitas kita yaitu Universitas Surabaya, Ubaya harus ada untuk Surabaya melalui kegiatan ini,” ungkap Nemuel Daniel Pah ST MEng PhD, selaku Wakil Rektor I dalam sambutannya.

Selain jajaran Pimpinan Universitas, Pemerintahan, dan Media, kegiatan penanaman pohon ini turut mengundang para relawan yaitu mahasiswa yang berasal dari perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Surabaya (BEMUS), Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA), Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Surabaya (MAPAUS), kru Warta Ubaya, Duta Ubaya, dan Ubaya Youth Community (UYC).

Penanaman ratusan bibit pohon dilakukan di empat lokasi yakni sebelah utara jembatan Merr, Kedung Baruk, lahan parkir Ubaya, dan Rukun Warga (RW) 4 Kampus Ubaya Tenggilis. Partisipasi peserta yang terlibat dalam aksi tersebut diakui antusias dan tampak dari kesediaan mereka untuk saling bekerjasama menanam bibit-bibit pohon di masing-masing lokasi.

“Menarik sekali, kegiatan ini bisa membawa mahasiswa keluar dari zona nyaman mereka, salah satunya berani kotor saat menanam pohon tadi. Selain itu, saya juga berharap kita semua semakin termotivasi untuk menjaga lingkungan lebih baik lagi melalui kegiatan ini,” papar Wibowo Mappatunru selaku Ketua MAPAUS.

Suksesnya aksi penanaman pohon yang terselenggara pada Sabtu tersebut sekaligus membuka rangkaian acara puncak yakni GREEN BIKE FEST 2012 pada keesokan harinya, 22 April 2012. Acara penanaman pohon sekaligus fun bike tersebut diramaikan oleh sekitar 7500 peserta dan dihadiri oleh Pimpinan Universitas Ubaya, Gubernur Jawa Timur, Walikota Surabaya, dan Direktur Kompas. Selamat Hari Bumi! (syn/wu)

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/content/893/Hijaukan-Bumi--Cintai-Pertiwi.html