POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Sebanyak 15 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Giovanni Kupang mengikuti pelatihan membuat robot industri di sekolah tersebut, Senin (12/9/2011) oleh para dosen Universitas Surabaya.

Pelatihan pembuatan robot merupakan program Fakultas Elektronik Universitas Surabaya untuk membagi ilmu dan pengetahuan kepada siswa di seluruh Indonesia mengenal bidang robotika.

Siswa SMA Katolik Giovanni sangat antusias mengikuti pelatihan dimaksud. Siswa diajari strategi memindahkan barang menggunakan robot yang disudah dirakit. Misalnya, memindahkan barang dari tempat yang satu ke tampat yang lain dan bagaimana memindahkan barang yang berada dalam posisi tersusun atas bawah.

Ketua Jurusan Elektronik Universitas Surabaya, Djuwari, Ph.D, saat ditemui di sela-sela pelatihan, mengatakan, program robotika ini dilakukan di beberapa propinsi di Indonesia dalam upaya membagi-bagi ilmu kepada siswa untuk mengenal bidang robotika.

Selain program robotika, kata Djuwari, Fakultas Elektronik Ubaya juga memiliki program studi tentang telekomunikasi. Pihaknya selalu memberikan pelatihan kepada siswa di beberapa SMA di suatu daerah.

“Sebenarnya pelaksanaan pelatihan pembuatan robot di Kupang diikuti oleh beberapa sekolah lainnya, namun sampai saat pelaksanaan belum ada sekolah lain yang datang selain SMAK Giovanni. Kami biasanya memberikan pelatihan di daerah yang sekolahnya banyak seperti di Kota Kupang,” katanya.

Menurut Djuwari, setelah mengikuti pelatihan, para siswa ini akan mengikuti lomba sebagai motivasi bagi siswa untuk lebih tekun mempelajari tentang pembuatan robot.

“Biasanya kalau tidak ada motivasi lomba misalnya, anak-anak akan ugal-ugalan mengikuti pelatihan. Kami selalu berupaya untuk memberikan pelatihan yang diikuti dengan lomba sehingga memotivasi mereka lebih giat berlatih,” katanya.

Kepala SMA Katolik Giovanni Kupang, Rm. Drs. Stef Mau, Pr, mengatakan, pihak sekolah menyambut baik pelatihan robot dan lomba yang dilakukan oleh Ubaya bagi siswa di sekolah tersebut.

Menurutnya, program robotik sudah menjadi program tindak lanjut tidak saja di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional yang sudah sering dilombakan. Di tingkat siswa SMA sudah biasa membuat robotik untuk dilombakan.

Ia mengatakan, pelatihan ini dilakukan sebagai motivasi bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan kemampuan di bidang robotik. Sehingga, yang mengikuti pelatihan ini berasal dari jurusan IPA maupun IPS yang memiliki bakat dan minat yang tinggi terhadap pembuatan robot karena sangat berkaitan dengan teknologi komputer atau IT.

Pelatihan, katanya, akan dilakukan selama dua hari yang merupakan kerja sama antara Ubaya dan SMAK Giovanni Kupang.

Sumber : http://kupang.tribunnews.com/

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/content/741/Siswa-Giovanni-Dilatih-Buat-Robot.html