Career Assistance Center (CAC) Universitas Surabaya (Ubaya) sebagai partner bagi kaum muda, terutama mahasiswa/i memberikan layanan pendampingan karir sesuai dengan minat, keterampilan, dan kepribadian. Namun keberadaan CAC terkadang kurang dikenal oleh mahasiswa/i. Melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh CAC, diharapkan mahasiswa/i dapat mengetahui layanan yang dimiliki dan memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk membangun karir di masa mendatang. Salah satu kegiatan tersebut adalah Career Festival yang merupakan kegiatan rutin CAC. Career Festival diadakan 2 kali dalam setahun. Kegiatan ini dapat diikuti oleh semua mahasiswa aktif Ubaya, namun lebih disarankan bagi mahasiswa semester 1 sampai dengan semester 4.

Career Festival diadakan tanggal 12-14 April 2011 di Gedung Perpustakaan Lt. 1 Ubaya dari jam 09.00 - 15.00. Acara ini cukup mengundang rasa penasaran mahasiswa yang lewat. Contohnya Haryono Yong, mahasiswa jurusan Teknik Sistem Informasi angkatan 2007. Haryono penasaran dengan stand Career Festival yang juga menyediakan mainan untuk mengasah kemampuan otak. Berbeda halnya dengan Noviyana, mahasiswi jurusan Politeknik Sekretari ini justru lebih fokus dengan stand pengenalan diri tentang karir. Noviyana ingin lebih mengetahui karir mana yang cocok dengan dirinya saat masuk di suatu perusahaan nanti. Saat acara berlangsung banyak mahasiswa dari berbagai fakultas di UBAYA yang mengikuti kegiatan ini, seperti Teknobiologi, Farmasi, dan juga Hukum.

Monica Cindy, mahasiswi angkatan 2009 yang sedang menuntut ilmu di Fakultas Bisnis dan Ekonomika ini pun, getol menghadiri acara Career Festival 3 hari berturut-turut, karena menurutnya materi yang di sediakan sangat bermanfaat untuknya jika dia lulus kelak. Selain itu, Monica juga tertarik dengan permainan serta undian yang disediakan oleh CAC. ”Selain sambil menunggu kuliah, daripada nganggur saya lebih baik mengisi pengetahuan dan bermain di sini, selain itu sambil bermain kita bisa mendapatkan hadiah”, ujarnya.

Selama 3 hari Career Festival, CAC menyediakan berbagai macam stand yang bisa diikuti mahasiswa dan pastinya tidak dipungut biaya apapun. Ada 3 stand pengenalan diri yang berisi tentang pengenalan kepribadian, pengenalan minat bakat, serta pengenalan ketrampilan karir. Menurut Elly Wijayanti, Koordinator Career Development CAC, “Jika mahasiswa mengetahui 3 hal ini, teman-teman akan lebih terarah untuk memilih karir dan pekerjaan apa yang cocok dengan diri mereka, sehingga tidak asal-asalaan memilih pekerjaan dan kalau tidak suka di tinggal keluar begitu saja”. Selain itu, Elly juga memberikan tips bagi teman-teman yang mengisi tes tersebut. “Jangan memikirkan terlalu lama, jawaban yang pertama keluar adalah jawaban yang paling tepat, dan tidak perlu bertanya kepada teman, karena hasilnya tidak akan valid dan tidak sesuai dengan diri teman- teman sendiri”.

Stand ini mengharuskan mahasiswa mengisi beberapa pertanyaan yang tampil di layar komputer, kemudian hasil analisis akan di cetak langsung dan boleh di bawa pulang. Kemudian ada juga stand games, dari UNO STACKO, TANGRAM, PUZZLE 2D & 3D, KOIN MENGAPUNG, ORIGAMI, DOMINO, 24, KURSI dan SAVE THE STICK. Setelah menyelesaikan stand mengenali diri, teman-teman mahasiswa bisa mencoba stand permainan kecil tersebut, jika berhasil maka akan mendapatkan hadiah.

Menurut Rizqa, mahasiswi Psikologi, dari hasil test dia dapat mengetahui kalau minatnya lebih mengarah pada bidang sosial, dan keterampilannya mengarah pada intrapersonal. “Kedua hasil test ini sesuai dengan jurusan yang saya ambil sekarang, dan memang saya merasa cocok, hasil testnya juga membuat saya lega karena sesuai”.

Dari kuisioner yang kami sebar kepada mahasiswa, kegiatan ini bermanfaat, dan mendapat respon yang bagus. Maka CAC akan menyelenggarakan kembali kegiatan ini 09- 14 Mei 2011, jadi bagi teman-teman yang belum sempat hadir saat Career Festival bulan april lalu, jangan khawatir. CAC akan membantu teman-teman semua yang masih bingung dengan minat, bakat serta ketrampilan untuk karirnya. Jadi jangan sampai kelewatan ya.