Pusdakota (Pusat Pemberdayaan Komunitas Perkotaan) Ubaya telah memasuki usia yang ke-10 pada 2 November 2010 silam. Perayaan dari ulang tahun ini diselenggarakan pada 13 November 2010 di kantor Pusdakota. Acara dimulai pada pukul 10.00 dengan acara ramah tamah dalam suasana penuh kekeluargaan.  Suasana lebih spesial karena seluruh panitia acara berbusana daerah. Turut serta hadir Rektor Ubaya Prof Drs ec Wibisono Hardjopranoto MS dan Ketua Yayasan Ubaya, Anton Prijatno, Pembina Yayasan Ubaya, Stany Soebakir.

Setelah acara ramah tamah, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua Pusdakota, Cahyo Suryanto. “Alasan berdirinya Pusdakota karena kegelisahan bagaimana perguruan tinggi memberikan sumbangan yang konkrit untuk masyarakat sekitar,” tutur pria yang sudah mengabdi sejak 10 tahun lalu. “Selama 9 tahun ini, Pusdakota tercatat telah melayani 230.000 orang lebih baik di Indonesia maupun di dunia. Karya-karya Pusdakota sejauh ini bergerak dalam bidang re-use, reduce, dan recycle yang mana Pusdakota telah menjalin kerjasama dengan 17 negara lain. Kebetulan Pusdakota merupakan provider terutama yang memfasilitasi Indonesia ke negara-negara Asia Pasifik,” jelas Cahyo bangga.

Setelah sambutan dari Ketua Pusdakota, sambutan dari Prof Wibisono melanjutkan rangkaian acara. Kemudian disambung sambutan dari mantan ketua yayasan Ubaya, Stany Soebakir. Yang spesial dalam acara ini, kesan-kesan dari salah satu relawan asing juga disampaikan. Ia adalah Isabel Gonzalez Rojo atau yang akrab disapa Isabel yang berasal dari Spanyol. Alasan ia bergabung dalam Pusdakota adalah ia menganggap Pusdakota adalah tempat yang tepat dimana ia dapat bertumbuh dan berkembang bukan hanya di dalam segi profesionalitas saja melainkan juga dalam segi pertumbuhan karakter. Selain itu, ia juga merasa bahwa Pusdakota memiliki ruang yang besar untuk dapat berefleksi dalam kondisi sibuk.

Pengenalan teknologi juga dilakukan dalam acara kali ini. Beberapa teknologi yang diperkenalkan antara lain teknologi pengomposan skala komunitas, teknologi takakura home method skala rumah tangga, teknologi nem cair dan nem padat, teknologi penglolaan limbah cair dan sanitasi, dan teknologi pangan sehat dan alami. Didalam acara pengenalan teknologi-teknologi, diadakan pula peresmian teknologi baru yang dipandu oleh Anton Prijatno. Rangkaian acara ulang tahun ditutup dengan peresmian Teknologi Sosial Ramah Lingkungan dan penandatanganan prasasti oleh  Prof Wibi. (re2/wu)