JAKARTA, (PRLM).– Dua puluh tim bola basket Perguruan Tinggi putra dan sepuluh putri dipastikan akan mengikuti Kompetisi Liga Bolabasket Mahasiswa Nasional (Libamanas) 2010 yang berlangsung dalam tiga seri di tiga kota yakni Solo, Bandung, dan Jakarta.

Seri I rencananya berlangsung di GOR Sritex Arena Solo pada 11-16 Oktober mendatang. Lalu disambung seri kedua di GOR Pajajaran Bandung, 21-26 Oktober dan seri ketiga di GOR Mahasiswa Soemantri Brojonegoro, Jakarta, 1-6 November mendatang.

Sementara untuk pelaksanaan final four dilangsungkan di Gedung Basket Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 13-14 November. Ketua Panitia Libamanas 2010 Dahlan Mohammad, mengatakan seluruh peserta sudah menyatakan keikutsertaannya mengikuti kompetisi tahunan ini.

Menurut Dahlan, ada tiga tim putra dan tiga tim putri yang naik promosi dari Divisi I yang akan ikut pada Libamanas musim ini, yakni Institute Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) Bandung, Universitas Brawijaya Malang, dan STIE Kesatuan di bagian putra. Sementara di putri, tim promosi yang ikut yaitu Universitas Gajahmada Malang, dan Universitas Dharma Persada Jakarta.

Pada musim ini, Libamanas masih akan menggunakan sistem promosi-degradasi. Dua tim terbawah, peringkat delapan dan sembilan harus mengikuti kompetisi dari daerah. Sedangkan peringkat kedelapan mengikuti kejuaraan Divisi I. Universitas Airlangga putri, tahun lalu mengikuti kejuaraan divisi satu dan juara, sehingga tetap berada di Libamanas.

"Sistem ini akan berubah pada musim depan. Pada pertemuan teknik Libamanas tadi (kemarin -Red.) kami telah menyusun tim untuk menyusun sistem Libama baru untuk tahun depan, yang rencananya akan berubah menjadi sistem zona. Jadi akan ada dua zona yakni Jawa dan Sumatera, yang masing-masing diwakili oleh dua tim," tuturnya usai pertemuan teknik di PB Perbasi, Senayan, Jakarta, Selasa (5/10).

Peserta Libamanas 2010, tim putra terdiri dari Universitas Surabaya, ABFI Institute Perbanas Jakarta, STIE Bhakti Pembangunan Jakarta, Universitas Pelita Harapan Tangerang, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Gajahmada Yogyakarta, Institute Teknologi Harapan Bangsa Bandung, Universitas Brawijaya Malang, dan STIE Kesatuan Bogor.

Sedangkan di bagian putri diikuti Universitas Surabaya, ABFI Institute Perbanas Jakarta, STEI Indonesia Jakarta, Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta, Universitas Pelita Harapan Jakarta, Universitas Parahyangan Bandung, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Gajahmada Yogyakarta, dan Universitas Dharma Persada Jakarta. (A-161/A-26).***

 

dikutip dari Pikiran Rakyat Online, Rabu 6 Oktober 2010