Sabtu, 15 Mei 2010, seluruh staf Direktorat Keuangan refreshing sejenak dari kegiatan rutin, namun waktu kerja diisi dengan pelatihan tentang layanan prima bertajuk “Training Service Excellence for Customer Satisfaction” dengan mendatangkan trainer sebuah Biro Psikologi.

Acara yang dikemas selama 6 jam tersebut dimulai jam 8 pagi, diisi materi yang dulu pernah dilakukan bagi staf Direktorat Keuangan, seperti apa difinisi layanan prima, dimensi sebuah layanan, teknik meningkatkan layanan, sikap sebagai seorang yang melayani, dan menjelaskan antara gap focus, action plan, dan plan execution.

“Karena seperti pekerjaan rutin, proses layanan sering dikerjakan tidak sepenuh hati. Padahal proses dengan sepenuh hati itu akan memberi kesan baik yang mendalam pada pelanggan. Pelanggan Anda adalah mahasiswa, rekan kerja, pimpinan, dan masyarakat yang berhubungan dengan Ubaya” demikian dijelaskan trainer.

Tahap ’pengenalan diri’ menjadi ajang introspeksi bagi staf Keuangan, karena ditunjukkan beberapa kelemahan individu akan berpengaruh negatif terhadap proses layanan. Sedangkan kelebihan tiap individu hendaknya dikembangkan. ”Dalam layanan prima, jangan lupakan hal utama ini: buat kesan pertama yang excellence, selanjutnya terserah Anda,” terang trainer menyitir sebuah tag iklan: ”kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda”.

Juga diputar sebuah film tentang pekerjaan seorang pengantar susu yang selalu ramah terhadap pelanggannya yang ternyata berdampak besar terhadap dirinya, pelanggan, dan lingkungan dimana komunitas tersebut berada.

Acara diakhiri dengan tekad memperbaiki diri bagi seluruh jajaran Direktorat Keuangan untuk siap dan tanggap terhadap kebutuhan pelanggannya. Karena inti training ini adalah memberikan layanan lebih dari yang diharapkan oleh pelanggan. Selamat memberi pelayanan yang prima (yus)

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/content/503/Service-Excellence-For-Customer.html