Reporter : Miftah Fariz

Surabaya (beritajatim.com) - Diulang tahunnya yang ke-42 prestasi Universitas Surabaya (Ubaya) dalam komitmen terhadap kualitas pelayanan pendidikan tinggi cukup mengejutkan. Hal ini disampaikan Rektor Ubaya, Prof. Drs. ec. Wibisono Hardjopranoto, M.S, pada laporannya di rapat terbuka senat Ubaya dalam rangka dies natalis ke-42 (11/03).

Dalam laporanya yang berjudul commited to continual quality assurance in mastery and multi-cultural education itu, tahun lalu tujuh unit kerja Ubaya mendapat sertifikasi ISO (international standaritation organitation) dalam semester gasal 2009-2010 Ubaya melanjutkan proses dengan membangun sistem mutu bagi 25 unit kerja. Lingkup unit kerja ini meliputi penunjang pelaksanaan akademik, penunjang strategis, pelaksanaan administrasi layanan teknis.

Dalam closing meeting audit eksternal oleh Bureau Veritas (BV), dinyatakan tidak ada temuan mayor (mayor finding), dengan temuan tersebut, Rektor Ubaya mengatakan, "saya memberikan ucapan selamat dan menyampaikan terimakasih pada seluruh unit kerja atas prestasi yang membangakan kita semua".

Dalam rangka untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu, Ubaya menerapkan program "5-R" yaitu ringkas, rapi, resik, rawat, dan rajin. dalam external audit yang lalu BV menyampaikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan program 5-R Ubaya. dalam penyataan BV waktu itu dikatakan Ubaya layak dijadikan contoh bagi perrguruan tinggi lain.

Harapan dari dosen yang sudah mengabdi selam 30 tahun di Ubaya ini adalah dengan penerapan sistem penjamin mutu ini pelayanan Ubaya bisa lebih terjamin dan lebih mendapat kepercayaan dari masyarakat. [mif/kun]

Sumber: www.beritajatim.com, Kamis, 11 Maret 2010 WIB