Ubaya sebagai salah satu motivator pendidikan tanah air menunjukkan komitmennya terhadap para pelajar SMA melaui acara “Coonselor Cub 2009”. Acara yang diselenggarakan Ubaya dengan 42 SMA Jatim dan Jateng pada 19 Agustus 2009 ini,  bertempat di UTC, kampus III Ubaya, Trawas. Dalam mengawali tahun ajaran baru ini, kebanyakan Sekolah Menengah Atas (SMA) mengalami kebingungan mengatur strategi pembelajaran yang tepat. Sebagai wujud komitmen Ubaya yang peduli akan dunia pendidikan, maka dihadirkanlah  Prof Drs ec Wibisono Hardjopranoto, Drs FX Sutyas Prihanto M Sc, Budi Hartanto ST M Sc

Ketika itu, Drs FX Sutyas Prihanto selaku dekan FP membawakan makalah yang berjudul “Pendekatan Sistemik dalam Pemberdayaan Siswa yang Terintegrasi”. Para peserta terlihat antusias menyimak setiap materi yang dipresentasikan. “Saya sangat tertarik dengan makalah yang disampaikan selain itu penyambutannya sangat baik dan acaranya sangat pas,” terang Dra Wiwik Untorowati perwakilan dari SMA Karang Turi Semarang. Guru sebagai pendidik, memerlukan pendekatan yang baik dalam menjalin hubungan dan komunikasi dengan siswanya.

Sebagai instasi pendidikan, Ubaya berusaha menyediakan wadah yang bermanfaat dan media penyaluran aspirasi untuk merekatkan hubungan baik dengan banyak SMA.  “Kalau bisa acaranya jangan cuma satu hari,” tambah Wiwik. Lanjutnya, Ia mengatakan pelaksanaan kegiatan ini sudah baik, dan bisa lebih baik lagi. “Kedepan, output dari kegiatan ini dapat membantu kita dalam mengembangkan kualitas layanan bimbingan dan konseling,” ujarnya. Bahkan, salah satu guru BP SMA PGRI Jombang menuturkan, dalam acara ini mereka tidak seperti tamu. Namun sudah seperti keluarga sendiri.

Menyadari perannya dalam peningkatan kualitas pendidikan. Ubaya terus berusaha menunjukkan sikap terbuka dalam menjalin hubungan baik dengan para guru. Begitu pula dengan stakeholder dunia pendidikan. Hal ini ditekankan agar dapat tercipta SDM yang bermutu dan berkualitas bagi kemajuan negeri Indonesia. (zha/wu)