SURABAYA - Hari ini (11/3), Universitas Surabaya (Ubaya) bakal menerima sertifikat ISO 9001:2000 dari Bureau Veritas. Sertifikat manajemen mutu itu seolah menjadi kado istimewa bagi kampus tersebut. Sebab, penyerahan sertifikat ISO itu bertepatan dengan peringatan Dies Natalis Ke-41 Ubaya.

Sertifikat ISO itu juga melengkapi penghargaan sebelumnya dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VIII. Nama Ubaya kembali tercatat dalam deretan lima perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik pada 2008.

''Tahun lalu (2007, Red) Ubaya juga ditetapkan sebagai salah satu kampus unggul,'' kata Rektor Ubaya Prof Drs Ec Wibisono Hardjopranoto MS.

Khusus sertifikat ISO 9001:2000 diperoleh Ubaya untuk beberapa unit kerja. Di antaranya, Pusat Informasi Obat dan Layanan Kefarmasian (PIOLK), Direktorat Keuangan, Direktorat Carrier Assistant Center (CAC), Biro Administrasi Akademik (Admik), Biro Administrasi Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (Adpesdam), Biro Administrasi Umum (Adum), dan Unit Pengadaan.

Menurut Wibisono, perolehan ISO pada unit-unit kerja di lingkungan Ubaya itu menunjukkan komitmen kampusnya terhadap kualitas pendidikan. Sertifikasi ISO juga dimaksudkan membawa SDM sampai pada tahap kualitas pelayanan yang lebih tinggi. ''Dapat diandalkan menjadi budaya Ubaya yang concern terhadap layanan dan kualitas,'' ujarnya.

Dia menambahkan, meski sebagian unit kerja masih belum tersentuh ISO, pihaknya sudah sangat bangga. Wibisono menargetkan ke depan unit-unit kerja lainnya menyusul. ''Langkah mendapatkan sertifikat ISO ini merupakan penghargaan luar biasa bagi Ubaya. Sertifikasi ISO ini sekarang sedang diperluas,'' tegasnya.

Penyerahan ISO itu dilakukan usai rapat senat universitas yang berlangsung di gedung perpustakaan lantai V Jalan Kalirungkut, Surabaya, hari ini. Dalam rapat senat itu, hadir Ketua Pembina Yayasan Universitas Surabaya Stany Soebakir, Ketua Yayasan Ubaya Anton Prijatno, anggota senat universitas, para dosen, serta karyawan Ubaya.

Sesuai tradisi, dalam setiap dies natalis Ubaya ada orasi ilmiah. Kali ini, orasi ilmiah disampaikan Dr Yoan Nursari Simanjuntak SH MHum. Dosen hukum Ubaya itu akan menyampaikan orasi ilmiah berjudul Hak Desain Industri pada Usaha Kecil dan Menengah: Sebuah Tawaran Rekonstruksi Hukum.

''Kami juga telah menyiapkan serangkaian kegiatan dalam memperingati dies natalis kali ini. Di antaranya, beberapa lomba penulisan opini,'' ungkap Wibisono. (alb/hud)

dikutip dari Jawapos, Rabu 11 Maret 2009