Rabu (4/2) Ubaya kedatangan wartawan dari salah satu media cetak yaitu Kompas. Kedatangan mereka kali ini bertujuan mengetahui lebih detail acara Living Green yang diadakan oleh dosen-dosen tetap Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Ubaya yang bekerja sama dengan Pusat Studi Lingkungan, Kelompok Minat Mahasiswa Curio dan Kelompok Studi Mahasiswa Akuntansi. Living Green ini dilaksanakan dalam dua tahap pada bulan Maret dan Juni 2009.

Salah seorang dosen tetap Jurusan Akuntansi sekaligus Penanggung jawab acara  Yenny Sugiarti bekesempatan diwawancarai dan menjelaskan bahwa tujuan diadakan living green  adalah ingin mengajak siswa SMA untuk peduli lingkungan dan ilmu akuntansi tidak hanya hitung-hitungan saja namun juga berhubungan dengan lingkungan misalnya lewat Corporate Social Responsibility (CSR) yang sudah diterapkan banyak perusahaan. Akuntansi ini membantu perusahaan dalam kegiatan CSR untuk meninjau apakah program CSR-nya dapat dipertanggungjawabkan atau tidak.

Banyak Mahasiswa Ubaya yang sudah menuliskan skripsi bertema akuntansi lingkungan dalam kurun waktu 2 tahun ini. ”Ubaya sendiri, khususnya jurusan akuntansi, telah memberi kontribusi terhadap perkembangan akuntansi lingkungan dengan memasukkan materi ini dalam mata kuliah Isu Kontemporer Akuntansi Manajemen dan materi kuliah Akuntansi Manajemen” ujarnya.

Living Green ini mengadakan banyak kegiatan untuk siswa SMA yaitu lomba debat ilmiah ”Be A Debate Master”, lomba video pendek bertema perlindungan lingkungan ”Green Movement Movie Festival”, lomba Putri lingkungan ”Miss Living Green” tingkat SMA se-Jawa Timur, lomba Poster SMA dengan topik lingkungan, talkshow profesi akuntan dan tentunya berhubungan dengan lingkungan bertema ”The Future and Challenge of Accountancy”, dan yang terakhir acara yang dilaksanakan pada Juni 2009 adalah lomba akuntansi tingkat nasional yang lebih dikenal dengan nama Ubaya Accounting Competititon VIII yang diadakan setiap tahunnya.(YL/IHY)

Dikutip dari: Kompas, 7 Februari 2009   
Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/content/263/Jurusan-Akuntansi-UBAYA-Menggiatkan-Akuntansi-Lingkungan-Untuk-Siswa-SMA-Di-Jawa-Timur.html