Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (Ubaya) menunjukkan kepeduliannya dengan menyelenggarakan bakti sosial dan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat lanjut usia (lansia) yang diselenggarakan pada Sabtu, 21 Oktober 2017 di Pusat Pemberdayaan Komunitas Perkotaan (Pusdakota) Ubaya. Acara dihadiri oleh warga RW 14, Rungkut Lor, Kelurahan Kalirungkut, Surabaya. Mengusung tema Old but Gold, yang menjadi sasaran acara adalah para warga lansia yang berumur lebih dari 56 tahun, dengan tujuanagar para lansia selalu menjaga kesehatannya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dan antusias warga. Acara yang baru pertama kali di selenggarakan ini,sekaligus memperkenalkan Fakultas KedokteranUbaya di lingkungan masyarakat. Para warga lansia yang menghadiri acara baksos mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis mulai dari cek kesehatan, cek gula darah, kolesterol serta mendapatkan obat gratis. Selain mendapatkan pelayanan warga juga diajak untuk menjaga kesehatannya dengan senam ringan khusus untuk lansia. Acara juga diisi dengan gamesyang diikuti para warga.

Ada pulapenyuluhan kepada warga tentang cara mengontrol gula darah, seperti dari menjaga kesehatan dengan pola hidup yang baik, makan makanan yang seimbang dan mengurangi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, olahraga secara teratur dan tidak merokok.”Semakin bertambahnya umur maka tubuh kita juga perlu perhatian khusus,” tutur M. Yusuf selaku ketua panitia acaraini. Harapannya, setelahdiadakannya pengobatan gratis dan penyuluhan ini warga bisa mulai menjaga kesehatannya dan meningkatkan tingkat kesehatannya diusia lanjut. (re7)