Universitas Surabaya selalu berusaha memberikan yang terbaik, terutama di bidang pendidikan. Sebagai bukti akan hal tersebut, Universitas Surabaya siap untuk Audit Eksternal. Audit Eksternal yang dilakukankali ini adalahaudit manajemen mutu universitas. Audit dilakukan selama 3 hariterhitung dari tanggal 1 Februari 2017 hingga 3 Februari 2017. Aspek yang di audit ditinjau dari saatprosespembelajaran.Setiap unit melakukan planning, desain, kurikulum, silabi dan pelaksanaan proses pembelajaran. Sedangkan kriteria audit sesuaidengan adanya ISO 9001 versi 2008. Tak hanya itu, kriteria lainnya juga dilihat daridokumentasi internal serta customer requirement mengenai data mahasiswa maupun dikti secara lengkap.

Manager BSI, Ir. Sapto Edy Rusmawan, M.M.,selaku auditor,menyatakan bahwa audit selama di Ubaya secara umum sistemnya sudah berjalan dengan baik, tetapi ada berberapa bagian masih harus ditingkatkan.

“Menurut saya, audit di Universitas disiapkan dengan baik. Semua orang, mulai dari pimpinanberserta staff sudahwellprepare. Hal ini sayalihat dari koordinasi tim manajemen internal dari Universitas Surabaya. Saya harapkan ke depannya, Universitas Surabaya bisatransisi ke standar yang baru 2015yang tentunyalebih menantang,” ungkap Ir. Sapto Edy Rusmawan, M.M.

Menurut Eric Wibisono, S.T.,M.Eng.,Ph.D., selaku Direktur Penjaminan Mutu dan Audit Internal, pada kali ini audit ISO berlaku selama 3 tahun. Pada tahun 2015 sudah dilakukan resertifikasi yang sebelumnya sudah di dapat. Tahun 2018 masih harus di resertifikasi, namun pertengahan akan ada audit surfalanceyang merupakan audit setengah dari universitas. Jadi, audit kali ini adalah audit surfalance.Setelah2 tahun, auditsurfalance sudah complete semua. Sehingga pada tahun 2018 dilakukan audit menyeluruh secara langsung oleh seluruh unit.

Audit dilakukan dengan mendatangi unit-unit yang ada di Ubaya secara langsung. Hal yang dilihat adalah penjaminan mutu yang dilakukan selama ini, apakah sudah sesuai dengan klosur yang dibuat? Apakah sudah sesuai dengan target yang dimiliki? Apabila terdapat perbedaan, maka akan disikapi dengan follow up. Ketidak sesuaian harus ditindak lanjuti dengan memantau masukan yang diberikan oleh auditor.

Selama 3 hari, auditberjalan dengan baik sehingga data yang di miliki bisa tersampaikan lebih cepat dan lebih banyak proses diskusi.Closing Meeting audit eksternal dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dekan, Wakil Dekan, Dosen dan berberapa bagian unit lainnya.

Ir. Sapto Edy Rusmawan, M.M., mengharapkan untuk meningkatkanberberapa bagian dan terbuka untuk sesi tanya jawab guna memahami bagian yang perlu diperbaiki agar Ubaya bisa tetap memberikan yang terbaik, bagi mahasiswa, seluruh civitas akademika, dan juga masyarakat. (slv)