Sejarah pendirian Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) bermula dari pemikiran Perpustakaan Nasional RI tentang format pembinaan perpustakaan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang disampaikan pada rapat para Kepala Perpustakaan PTN dan PTS se Jawa pada tanggal 19-30 September 1999. Ide ini kemudian ditindaklanjuti dengan pendirian Forum Komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi/FPPTI tanggal 12 Oktober 2000 di Ciawi Bogor. Saat ini terdapat 9 propinsi yang memiliki FPPTI di daerah, salah satunya adalah propinsi Jawa Timur. Kepengurusan FPPTI berlangsung selama 3 (tiga) tahun.

Pada tahun 2016 ini, FPPTI Jawa Timur menggelar agenda rutin berupa Musyawarah Daerah III yang diselenggarakan di STKIP PGRI Sumenep pada tanggal 21-23 September 2016. Selain agenda rutin Musyawarah Daerah juga diadakan Konferensi Call For Papers dengan tema Peranan Jejaring Perpustakaan dalam Peningkatan Kompetensi Pustakawan. Pemakalah konferensi berjumlah 35 pustakawan yang berasal dari perpustakaan perguruan tinggi dari daerah Lampung, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Malang, Jember, Lumajang, Sidoarjo dan Surabaya. Pada acara Musyawarah Daerah III dipimpin oleh Steering Committee yang terdiri dari Johan Noor (Universitas Brawijaya), Mas Odi (STKIP PGRI Sumenep) dan Josefine Hira Eksi (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya) dengan agenda utama mendengarkan laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2013-2016 dan pemilihan ketua FPPTI Jawa Timur periode 2016-2019.

Kandidat Ketua FPPTI Jawa Timur adalah Amirul Ulum (Universitas Surabaya), Arif Y. Ismanto (Universitas Muhammadiyah Malang) dan Vincentius Widya Iswara (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya). Pemilihan Ketua FPPTI Jawa Timur dilakukan dengan pemungutan suara yang dihadiri 63 anggota yang mewakili perpustakaan perguruan tinggi yang menjadi anggota FPPTI Jawa Timur. Dari hasil pemungutan suara tersebut, Amirul Ulum memperoleh 30 suara, Arif Y. Ismanto 23 Suara dan Vincentius Widya Iswara mendapatkan 10 suara. Dengan perolehan suara tersebut, Amirul Ulum dari Universitas Surabaya terpilih menjadi Ketua FPPTI Jawa Timur periode 2016-2019.

Dalam sambutan pertamanya, Amirul Ulum menyampaikan bahwa kepengurusan periode 2016-2019 tetap akan melanjutkan program kerja yang sudah berjalan dengan baik selama ini, misalnya konsorsium e-journal, pengembangan SDM melalui seminar, workshop dan pelatihan. Selain itu harapan anggota untuk pendampingan perpustakaan yang akan melakukan akreditasi dan sertifikasi pustakawan dapat menjadi program kerja pengurus FPPTI Jawa Timur 2016-2019. Rangkaian acara Konferensi dan Musyawarah Daerah III FPPTI Jawa Timur diakhiri dengan kunjungan seluruh peserta ke perpustakaan Universitas Wiraraja Sumenep yang diterima langsung oleh Rektor, Ibu Hj. Alwiyah, SE., MM.