Literasi sumber informasi ilmiah merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas belajar dan mengajar kepada peserta didik. Perkembangan informasi yang begitu cepat dan luas memberikan pilihan beraneka ragam informasi bagi pesertadidik dan guru dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi untuk menunjang kegaiatan belajar dan mengajar. Pemenuhaninformasi saat ini sangat mudah, tinggal ketik dan klik maka kebutuhan informasi pada mesin pencari di komputer (PC), laptop atau memakai smartphone maka kebutuhan informasi sudah dapat dilakukan. Pertanyaannya apakah informasi yang diperoleh dari proses tersebut sudah layaknya digunakan sebagai referensi? Padahal kita ketahui bahwa hasil pencarian tersebut tidak semuanya memiliki kebenaran secara ilmiah.

Perpustakaan Universitas Surabaya sebagai salah satu penyedia informasi telah memiliki beberapa sumber informasi yang telah terjamin keaslian dan dapat dipertanggungjawabkan, layak menjadi pilihan para pencari informasi. Bentuk dari sumber informasi berupa buku, jurnal, e-book, e-journal, majalah, laporan tugas akhir strata diploma, sarjana, magister maupun doktor. Semuanya tersimpan di perpustakaan dan diperuntukkan untuk kepentingan pengguna baik untuk kegiatan belajar mengajar, dan juga kepentingan lain yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat. Untuk memaksimalkan sumber kekayaan informasi tersebut maka perlu adanya kegiatan literasi sesuai dengan kebutuhan.

Pengalaman Perpustakaan Universitas Surabaya dalam melakukan literasi informasi di lingkungan kampus telah memberikan dorongan untuk menyebarkan ke perpustakaan lain khususnya Perpustakaan Sekolah Menengah Atas dan para pendidik. Melalui Workshop Literasi Ilmiah Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Belajar dan Mengajar di Sekolah diharapkan pemenuhi kebutuhan informasi yang benar, memiliki keakuratan secara ilmiah, dan secara tidak langsung mengurangi penyesatan informasi yang banyak tersedia secara online. Disamping itu juga sebagai upaya menyeluruh dari semua unit dalam rangka meningkatkan “citra” Universitas Surabaya terhadap stakeholder-nya.

Jumlah peserta yang akan hadir berjumlah 45 peserta yang berasal dari 28 sekolah di Surabaya dan Sidoarjo. Kegiatan workshop perpustakaan sekolah ini diselenggarakan secara gratis. Agenda ini merupakan kegiatan rutin perpustakaan Universitas Surabaya yang telah direncanakan dan menjadi agenda tahunan dalam Satuan Pokok-Pokok Program (SPP) Perpustakaan sekaligus sebagai Corporate Social Responsibility(CSR) Universitas Surabaya.

Tujuan

Tujuan workshop adalahsebagai berikut:

  1. Meningkatkan peran perpustakaan dalam mengembangan perpustakaan sesuai tuntutan stakeholder.

  2. Meningkatkan kemampuan pustakawan untuk memberikan sumbangsih terhadap perkembangan perpustakaan

  3. Mendorong peningkatan peran Perpustakaan Sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Pelaksanaan

Hari / Tanggal : Rabu, 24 Agustus 2015

Waktu : 08.00 s.d. 15.00 wib

Tempat : Gedung Perpustakaan Lt. 5

Jl. Raya Tenggilis Kali Rungkut – Surabaya

Materi yang disampaikan :

  • Sumber Literasi Ilmiah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran

  • Penelusuran Informasi Ilmiah di Perpustakaan Universitas Surabaya

  • Plagiarism sebagai Salah Satu Penghambat Kualitas Karya Ilmiah

  • Karya Ilmiah di Sekolah sebagai Sarana Brand Image Sekolah

  • Praktek pendalaman I : Olimpiade Penelusuran Informasi

  • Praktek pendalaman II: Penggunaan Aplikasi Antiplagiarism

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/content/1838/Workshop-Literasi-Sumber-Informasi-Ilmiah-Dalam-Rangka-Meningkatkan-Kualitas-Belajar-Dan-Mengajar-Di-Sekolah.html