LPPM Universitas Surabaya bekerjasama dengan ILO (International Labour Organization) dan Disnaker Jawa Timur mengadakan sebuah acara workshop Employment Service Center (ECS) di Kampus Tenggilis. Acara yang berlangsung di ruang serbaguna Fakultas Ekonomi ini dihadiri oleh staf dari Dinas Tenaga Kerja Jawa Timur, staf CAC Ubaya, serta undangan dari Unair dan ITS.

Acara ini merupakan salah bagian dari kerjasama Ubaya dengan ILO dan Disnaker Jawa Timur untuk mengembangkan sebuah  Employment Service Center di Disnaker Jawa Timur. Pengembangan akan meliputi sebuah gedung fisik beserta petugasnya  yang akan melayani pemberian informasi dan penempatan tenaga kerja, serta sebuah situs web yang dapat dimanfaatkan oleh pengaksesnya. Di Internal Ubaya sendiri kerjasama ini akan melibatkan CAC Ubaya dan SIM.

Sebagai pembicara utama adalah PHILIP A. HURST, konsultan ILO yang berasal dari Amerika Serikat, yang merupakan expert di bidang Workforce and Employment Expert, yang berpengalaman berbagai negara: Nepal, Cyprus, Egypt, Serbia, Poland, Germany. Beliau juga berpengalaman memberikan konsultasi pendirian dan pengembangan Employment Service Center di berbagai negara di dunia.

Acara dimulai dengan penjelasan Phil mengenai pusat layanan ketenagakerjaan yang ada di beberapa negara. Beliau menunjukkan kondisi sebuah pusat layanan karir di Tanzania melalui serangkaian foto. Rangkaian foto itu menunjukkan pengembangan sebuah gudang yang kemudian disulap menjadi sebuah pusat layanan ketenagakerjaan. Sebuah pekerjaan yang tidak mudah, mengingat keterbatasan infrastuktur yang ada, mulai dari keterbatasan listrik, komputer dan keahlian penggunaannya, serta koneksi internet.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan Direktur CAC Ubaya Budi Gautama tentang unit yang dipimpinnya, mulai dari sejarah berdirinya hingga  berbagai layanan yang ada.

Pada sesi berikutnya Phil mempresentasikan berbagai hal yang terkait dengan Praktek yang Baik di Tingkat Internasional serta Pembelajaran dari Negara-negara Lain. Kemudian Phil juga memberikan beberapa Tips untuk Menulis Pernyataan Visi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tour kampus singkat, untuk kemudian dilanjutkan kunjungan ke CAC Ubaya sebagai perbandingan untuk pendirian pusat layanan karir. Tour ini merupakan inisiatif Phil yang pada kunjungan sebelumnya begitu terkesan dengan fasilitas yang telah tersedia di CAC Ubaya.


(dilaporkan langsung dari SGFE Ubaya)