SURYA.co.id | SURABAYA - Pusat Konsultasi dan Layanan Psikologi (PKLP) Universitas Surabaya (Ubaya) menyediakan fasilitas penitipan anak yang diawasi langsung oleh psikolog dan mahasiswa Fakultas Psikologi Ubaya.

Monika Muliyaningsih, Humas PKLP Ubaya, mengatakan fasilitas tersebut terbuka untuk dosen, karyawan Ubaya, serta untuk masyarakat umum.

"Orangtua yang bekerja kadang merasa tidak nyaman jika anaknya diasuh pembantu rumah tangga kemudian memilih menitipkan anak mereka di sini karena mendapat perhatian langsung dari psikolog kami," jelasnya pada SURYA.co.id, Minggu (8/5/2016).

PKLP Ubaya juga mengajak orangtua mendiskusikan program yang akan diaplikasikan pada anak mereka.

"Setiap tiga bulan kami beri laporan perkembangan anak sehingga ketika berada di rumah, orangtua bisa mengaplikasikan metode yang kami gunakan dari penjelasan kondisi anak," lanjut Monika.

Feedback yang didapatkan juga beragam dari catatan yang diserahkan oleh psikolog pada orangtua.

"Menangani anak usia 2-4 tahun itu kan cukup tricky. Ada orangtua yang terlalu overprotektif dan malah bisa menghambat pertumbuhan anak selanjutnya," katanya.

Padahal, lanjutnya, orangtua harus mengajarkan kemandirian pada anak. "Jika orangtua percaya pada anak, anak akan dengan mudah bersosialisasi, berkomunikasi, dan mandiri," imbuhnya.

Beberapa acara pun diselenggarakan seperti acara Hari Kartini yang mengajak anak untuk mengenal kebudayaan Indonesia dan membentuk karakter cinta tanah air sejak dini.