Satu demi satu pengakuan terhadap kualitas pengajaran Ubaya datang dari berbagai penjuru dunia. Setelah Australia, Eropa, dan Asia, kali ini pengakuan tersebut datang dari Amerika. Pengakuan kali ini sangat luar biasa, di mana berasal dari Yale University, Amerika, sebuah perguruan tinggi terkemuka di dunia.

Yale University adalah sebuah perguruan tinggi di Amerika yang sangat terkenal di dunia dan menempati peringkat 2 (dua) dunia pada The Top World Universities 2007 yang dikeluarkan oleh The Times Higher Education Supplement (THES). Dengan kualitas pengajaran yang dimiliki, Yale University telah menelurkan banyak penerima Penghargaan Nobel maupun Presiden Amerika. 3 (tiga) presiden terakhir Amerika  yaitu George H.W. Bush, Bill Clinton, dan George W. Bush adalah alumni dari perguruan tinggi ini.

Pengakuan yang diberikan ditunjukkan secara nyata dengan kepercayaan perguruan tinggi tersebut dalam mengirim 3 (tiga) orang mahasiswanya ke Ubaya untuk melakukan penelitian. Jumat,  20 Juni 2008, Ubaya menerima kedatangan Phoebe Clarke, Edwina Clarke, dan Sharon Madanes, tiga mahasiswa dari Yale University. Selama kurang lebih 6 minggu, ketiganya akan bekerjasama dengan staff pengajar Ubaya, dan peneliti dari Pusat Studi Lingkungan (PSL) maupun Pusat Hak Asasi Manusia (PUSHAM) Ubaya untuk meneliti Dampak Sosial Ekonomi dari Peristiwa Lumpur Lapindo, Sidoarjo.

Selain penelitian tersebut, ketiganya juga akan belajar mengenai budaya Indonesia melalui beberapa kegiatan seperti Program Kepedulian Kepada Masyarakat terkait dengan kesehatan masyarakat, maupun diskusi-diskusi yang berfokus pada tema Penggunaan Energi secara Efisien Terkait dengan Kepedulian Lingkungan. Diskusi-diskusi dengan Kantor Hubungan Internasional Ubaya juga akan dilakukan untuk menjaga serta mengembangkan jejaring kerjasama antara Ubaya dan Yale University.

(HI)