Sekolah identik dengan belajar di dalam kelas, mendengarkan guru menjelaskan materi, kemudian ada evaluasi berupa ulangan, yang rata-rata membuat siswa bosan. Oleh sebab itu, untuk menepis anggapan tersebut, maka Ubaya mempunyai cara unik yakni dengan mengadakan pelatihan MIPA yang terdiri dari pelajaran matematika, kimia, fisika, dan biologi. Tujuannya selain untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari di sekolah, juga sebagai upaya memperkenalkan kepada siswa bahwa ilmu pengetahuan itu menyenangkan.

Acara yang berlangsung pada Sabtu, 9 Agustus 2015, diikuti oleh siswa-siswi SMA se-Jawa Timur dengan total peserta mencapai 116 orang, terdiri dari para siswa yang mengikuti pelatihan kimia sebanyak 36 orang, biologi 32 orang, sedangkan untuk matematika dan fisika masing-masing 24 orang.Acara yang dimulai pukul 08.30 – 15.00 WIB ini diikui dengan antusias oleh seluruh peserta. Meski berusia belia, semangat mereka terlihat dari konsentrasi dan tatapan mata mereka yang melihat dosen memeragakan penggunaan suatu alat. Guratan pena pun tidak henti-hentinya loncat kesana kemari sebagai upaya mereka dalam mencatat ilmu yang diberikan dosen.

“Ini adalah tahun keempat Ubaya mengadakan pelatihan, serta pertama kalinya memasukkan pelajaran biologi. Karena pada pelatihan pertama hingga ketiga yaitu tahun 2013, banyak peserta menyampaikan aspirasinya agar pelajaran tersebut diadakan pula pelatihannya,” terang Restu Kartiko Widi S.Si., M.Si., Ph.D.,Ketua Departemen MIPA yang adalah ketua panitia. Lalu Restu menambahkan bahwa pelatihan ini dikemas sederhana dan aplikatif sehingga memudahkan para siswa untuk memahami materi yang disampaikan.

“Harapannya, para siswa yang telah mengikuti pelatihan semakin mengenal sains, sekaligus sarana mempromosikan Ubaya kepada mereka,” tutup Restu.(ka)