SURABAYA – Pada Olimpiade Nasional (ON) MIPA 2015, mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) meraih enam medali dan satu honorable mention. Prestasi tersebut tentu sangat membanggakan.

"Ubaya masuk lima teratas perolehan medali di ajang ON MIPA 2015," ujar Aloysius Yuni Widianto, ketua tim penalaran tim ON MIPA Ubaya.

Tahun lalu tim Ubaya hanya berhasil membawa pulang empat medali. Yakni, masing-masing dua medali emas dan medali perak serta satu honorable mention. "Kami satu-satunya perguruan tinggi swasta yang masuk lima besar teratas perolehan medali. Lainnya, PTN," ungkap dia.

Ada empat cabang yang dilombakan ON MIPA, yakni metematika, fisika, kimia, dan biologi. Ubaya mengirimkan perwakilan untuk setiap cabang. Namun, yang bisa memenangkan medali hanya dua cabang ilmu: biologi dan kimia. "Pada kedua cabang itu, kami memperoleh medali emas," tutur Aloysius.

Go Melisa, pemenang medali emas dari cabang ilmu biologi, merasa tidak sulit menyelesaikan soal. Sebab, dia sering mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) saat SMA. "Cukup menguras otak, tapi tidak terlalu sulit karena saya sudah maksimal dalam belajar," jelas mahasiswa semester IV fakultas teknobiologi tersebut.

Marvel Lewi, pemenang cabang kimia, menganggap kemenangannya kali ini menjadi penutup yang manis pada sisa masa studinya. Mahasiswa semester akhir itu berbangga hati karena impiannya terkabul untuk mendapat medali emas. "Bangga sekaligus senanglah," ucapnya.

Sementara itu, Edwin Gunawan tidak menyangka bisa menerima honorable mention. Sebab, dia diprediksi memperoleh medali emas pada cabang biologi. "Saya berharap tahun depan dapat membawa pulang medali emas," kata dia. (dha/c14/ai)

Sumber: Jawa Pos, 30 Mei 2015