Direktorat Pusat Bahasa Ubaya Language Center (ULC) membuat sebuah lomba bahasa Inggris yang bertemakan “The Ultimate English Rally 2”. Peserta dari lomba yang diadakan di Gedung Serbaguna Fakultas Psikologi ini adalah siswa-siwi SMA se-Jawa Timur. Lomba yang diadakan pada hari Kamis, 5 Maret 2015 ini dihadiri oleh 36 tim dari 12 sekolah dan setiap timnya terdiri dari 3 orang siswa. Tujuan dari diadakannya lomba ini adalah untuk menarik minat para siswa SMA untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Direktur Ubaya Language Center,Dr. Drs. Besin Gaspar, M.Pd.”Our rally is unique. You are good at English, doesn’t mean you’ll be the winner. To be the winner you should have speed. Good Luck,” ujarnya sambil tersenyum. Terdapat beberapa rulesyang harus diperhatikan oleh setiap peserta, mulai dari tidak boleh menggunakan gadget, tidak boleh menggunakan bahasa lain selain bahasa Inggris kepada siapapun, memberikan score cardsetelah selesai menyelesaikan tugas yang diberikan dan lainnya. Jika tidak mentaati peraturan yang telah diberikan, konsekuensinya mulai dari pengurangan poin hingga didiskualifikasi.

Sebelum rallydimulai, mereka harus menjawab kuis yang sudah diberikan oleh panitia. Setelah mereka selesai mengerjakan, barulah mereka pergi mencari pos-pos yang tersedia untuk menjawab soal-soal yang telah disediakan. Rallykali ini terdiri dari 11 pos dengan materi yang mengasah kemampuan vocabulary, listening speaking, spelling, translating, bahkan general knowledge peserta. Berbeda dengan “The Ultimate English Rally” yang diadakan tahun lalu, tahun ini mereka tidak diberikan urutan pos. Mereka diharuskan untuk memilih setiap pos yang mereka temui di sekeliling kampus Universitas Surabaya. Mereka juga harus bijaksana dalam memilih pos agar nantinya semakin banyak poin yang akan didapatkan.

Dua setengah jam telah berlalu dan waktunya mereka untuk kembali ke SGFP dan memberikan total score card mereka kepada panitia. Mereka memang terlihat letih dan berkeringat, tapi ada senyuman yang terbentuk di setiap wajah mereka. “Meskipun capek tapi acaranya seru banget dan beruntung bisa ikut lomba ini,” ungkap Melisa salah satu peserta lomba. Acara berikutnya adalah makan siang dan pengisian lembar evaluasi.

Kriteria pemenang lomba ini adalah tim yang mendapatkan poin terbanyak saat rally kampus. Juara Harapan II mendapatkan uang tunai sebesar 300.000 serta piala diperoleh oleh SMA Santo Paulus Jember. Juara Harapan I dengan mendapatkan uang tunai sebesar 300.000 serta piala diperoleh oleh SMA Kristen Gloria 1. Juara III mendapatkan uang tunai sebesar 1.000.000 serta piala, Juara II mendapatkan uang tunai sebesar 1.500.000 dan piala, dan Juara I mendapatkan uang tunai sebesar 2.000.000 serta piala disabet seluruhnya oleh SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya. Selain itu, semua peserta yang telah hadir tak terkecuali yang memenangkan juara mendapatkan sertifikat. “Ini pertama kali saya mengikuti lomba seperti ini dan saya sangat senang. Tapi untuk kedepannya saya berharap waktunya diperlama dan posnya diperbanyak. Overall, lombanya seru banget,” ujar salah satu siswa dari SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya. (ell,wu)