Pada tanggal 7-9 Mei 2008, Sistem Informasi Manajemen (SIM) Ubaya telah sukses menggelar acara WIFI HelpDesk. Sebanyak 158 mahasiswa telah memanfaatkan pelayanan setup wifi pada laptop mereka selama 3 hari berlangsungnya acara tersebut. Beragam merek laptop dan sistem operasinya telah dapat dimanfaatkan untuk mengakses Internet di berbagai lokasi di kampus Ubaya.

Pada hari ke-1, 'hanya' 30 mahasiswa yang memanfaatkan even ini, mungkin karena ketidaktahuan mereka, meskipun kegiatan ini telah dipromosikan dalam bentuk website resmi Ubaya maupun roll banner yang dipasang pada beberapa lokasi strategis. Meski demikian, pada hari I terdapat beberapa kasus berat, misalnya komputer mahasiswa yang akan disetup terserang virus, spyware, tidak terupdate, maupun hardware error. Hal ini mengakibatkan petugas juga tidak pernah berpangku tangan dalam melayani proses setup, disertai dengan 'pembasmian' virus dan spyware.

Pada hari ke-2, melalui promosi dari mulut ke mulut, sekitar 45 mahasiswa memanfaatkan layanan ini, dan puncaknya pada hari ke-3, sebanyak 83 mahasiswa yang membanjiri stand WIFI Helpdesk yang terletak di CAC - Lt 1 Perpustakaan. Nampaknya kebiasaan menunggu saat terakhir memang masih membudaya pada masyarakat pada umumnya. Hal ini mengakibatkan hari terakhir ditutup molor dari semestinya, karena beberapa mahasiswa masih berdatangan di luar jam yang ditetapkan.

Tidak kurang dari 8 orang petugas yang merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika yang magang di SIM Ubaya, karyawan SIM Ubaya sendiri, dan bahkan Manajer SIM sendiri setia melayani secara penuh selama 3 hari tersebut.

Seperti diketahui, sejak Nopember 2007 Ubaya telah menyediakan fasilitas WIFI Zone yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Ubaya untuk mengakses secara gratis. Kenyamanan ini disediakan di beberapa lokasi strategis yang dimanfaatkan mahasiswa untuk bekerja kelompok maupun individual untuk menyelesaikan tugas kuliah mereka. Lokasi WIFI Zone akan terus diperluas, di mana lokasi yang telah tercakup ditandai dengan stiker khas WIFI Zone Ubaya.

Penggunaan WIFI memang menimbulkan masalah dimana data menjadi rawan untuk dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Di Surabaya sendiri telah menjamur akses WIFI yang dapat dimanfaatkan dengan gratis dan tanpa mengharuskan setup atau install software tertentu. Namun hal ini seringkali berarti bahwa jaringan WIFI yang tersedia tidak aman, karena data yang terkirim bisa saja disadap oleh orang yang menguasai teknik jaringan.

Demi menjaga keamanan data mahasiswa pada saat memanfaatkan jaringan WIFI di Ubaya, maka digunakan teknik enkripsi (pengacakan data) tertentu. Sayang sekali fitur enkripsi ini masih belum tersedia pada sistem operasi Windows, baik XP maupun Vista, sehingga dibutuhkan proses install software tertentu. Di Ubaya sendiri software yang disupport penuh adalah SecureW2, yang dapat didownload dengan gratis pada http://www.securew2.com. Fitur enkripsi ini sendiri sudah terdapat pada sistem operasi Ubuntu Linux dan Mac OS Tiger maupun Leopard, sehingga pada kedua platform tersebut tidak dibutuhkan proses instalasi khusus.

Koneksi Internet membutuhkan dana yang tidak sedikit, hingga mencapai ratusan juta per bulan yang harus dikeluarkan Ubaya. Untuk itu, tentunya penggunaan fasilitas tersebut harus dibatasi hanya untuk mahasiswa yang aktif. Oleh karena itu, sebelum dapat memanfaatkan fasilitas yang ada, mahasiswa harus terlebih dahulu melakukan aktivitasi, dengan menggunakan PIN yang tercetak pada KS atau KHS sebagai passwordnya.

Selain itu, pada browser yang digunakan harus dilakukan setting proxy agar dapat digunakan mengakses berbagai situs di seluruh dunia. Hal ini ditujukan untuk menghemat bandwith, dimana data yang sudah pernah didownload sebelumnya, baik oleh pengguna tersebut maupun oleh pengguna lain, tidak perlu didownload lagi dari server asalnya, cukup diambil dari proxy. Penghematan bandwith itu sendiri pada akhirnya akan mempercepat koneksi Internet yang ada.

Meskipun proses ini kelihatan rumit, namun dalam kondisi normal, seluruh proses bisa dilakukan dalam waktu 5-10 menit dengan prosedur yang sederhana. Seluruh proses yang ada dijabarkan dalam langkah per langkah yang bisa dibaca pada http://www.ubaya.ac.id/wifi.

Bagi para mahasiswa yang tidak sempat melakukan setup wifi pada laptop mereka selama WIFI Helpdesk berlangsung, bisa mencoba untuk mengikuti tutorial yang ada. Namun bagi yang dapat bersabar, silahkan tunggu kesempatan WIFI Helpdesk berikutnya yang akan diselenggarakan oleh Sistem Informasi Manajemen (SIM) Ubaya dalam waktu dekat.

Bagi yang laptopnya sudah terhubung dengan WIFI Zone, selamat memanfaatkan fasilitas yang ada, semoga prestasi belajar anda terus meningkat! Hindari pornografi, hindari download file illegal, musik/video bajakan!

Stephanus Eko Wahyudi
Manajer SIM Ubaya