"Ohayō Gozaimasu" begitulah sapaan yang dilontarkan Ferry Christian, Ketua Pelaksana Lomba Baca Berita Bahasa Jepang, saat membuka acara. Digelar di ruang serbaguna Fakultas Bisnis dan Ekonomika (SGFBE) pada 6 Maret 2014 lalu, lomba yang telah secara rutin diadakan oleh Ubaya dan Ubaya Language Center (ULC) ini diikuti 43 peserta dari 13 SMA. Suasana tegang dari para peserta sudah terlihat dari awal acara, banyak dari mereka yang sibuk berlatih sembari menunggu giliran untuk membacakan berita.

Lomba yang kali keenam diselenggarakan ini juga dihadiri oleh Konsul Jepang untuk Jawa Timur, Mr Nomiya. “Di Jawa Timur minat belajar bahasa Jepang tinggi, banyak mahasiswa dan pelajar belajar bahasa Jepang dengan lancar,” ucapnya dengan logat Jepang yang kental, “Saya mengharapkan siswa-siswi melanjutkan belajar bahasa Jepang dan dapat menjadi jembatan antara Indonesia dan Jepang di masa depan.”

Dalam lomba kali ini, setiap peserta bergiliran membacakan berita dihadapan 3 juri, yaitu Koji Matsumoto dari Japan International Cooperation Agency (JICA), Emiri Kosahara dari Perkumpulan Ibu-Ibu Japan Club, dan Yuta Yamanaka mahasiswa Jepang yang menerima beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Di babak awal 43 peserta membacakan naskah berita bahasa Jepang yang telah diberikan satu minggu sebelumnya. Setelah itu dipilih 10 peserta untuk maju ke babak final dan membacakan berita berbahasa Jepang yang baru diberikan pada hari itu.

Setelah proses penilaian, akhirnya Nunki Novia Susilo asal SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo keluar sebagai juara pertama. Direktur Pusat Bahasa Ubaya, Drs Besin Gaspar MPd mengatakan, “Lomba ini bertujuan untuk memberi kesempatan siswa-siswi mendemostrasikan kemahiran Bahasa Jepang, dan memotivasi siswa SLTA untuk lebih menguasai budaya dan bahasa asing termasuk Jepang dalam menyongsong era globalisasi.” Gimana, ada yang penasaran dan ingin belajar bahasa Jepang? Langsung aja datang ke Ubaya Languange Center (ULC) di gedung FF lantai 6 Ubaya Tenggilis. (mgl/wu)

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/content/1308/Ohay---Gozaimasu.html