Pada tanggal 9-10 Januari 2014, LPPM (Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat) Ubaya bekerja sama dengan DIKTI mengadakan workshop yang dihadiri kalangan dosen Universitas Surabaya. Acara yang dibuka secara resmi oleh ketua LPPM Ubaya Dr. Yoan Nursari Simanjuntak, S.H. M.Hum itu, bertempat di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Warkshop yang diakhiri pukul 14.30 mengangkat topik permasalahan yang berbeda.

Topik hari pertamaseputar penelitian dengan narasumber Prof. Dr Sarmini, M.Hum , dosen ilmu sosial Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Dalam kesempatan tersebut beliau menjelaskan pentingnya pemahaman akan karakteristik penelitian yang akan dilakukan, serta kiat-kiat penyusunan dan telah proposal agar penelitian dapat berjalan secara runtut.

Sementara itu di hari kedua, topik yang diangkat yaitu etika penulisan buku ajar dan menulis buku berbasis riset, dengan narasumber Bapak Wahyu Wibowo dari DIKTI pusat. Beliau mengutarakan dalam penulisan buku ajar, penulis harus pintar-pintar memilih judul yang berbeda dan spesisifikasi mengenai apa yang ditulis. Pada hari kedua narasumber juga menyampaikan kembali tujuan utama diadakannya workshop guna persamaan persepsi dikalangan para pendidik, hal tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas pengajaran di perguruan tinggi.

”Saya sangat berkesan karena pembicara berasal dari dosen luar Ubaya sehingga saya bisa membandingkan kualitas pembicaraannya serta topik bahasan”, Hany Mustikasari S.Sn dosen FIK